Jumat 07 Aug 2020 20:43 WIB

Diskoria Bawa Lagu Lawas Indonesia ke Mancanegara

Diskoria membawakan lagu era 80-an saat tampil di luar negeri.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
(Foto: Diskoria)
Foto: Wikimedia
(Foto: Diskoria)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah maraknya penggunaan musik luar untuk skena disko, kehadiran Diskoria telah menjadi angin segar bagi belantika musik Indonesia. Grup duo yang berkomitmen memutarkan dan membawakan lagu Indonesia era 80-an itu digawangi oleh duo DJ Merdi Simanjuntak dan Fadli Aat.

Bagi Merdi, musik disko Indonesia bukan lagi suatu hal yang kuno. Ia menceritakan pengalamannya ketika Diskoria tampil di luar negeri. Menurut dia, sambutan dari pecinta musik di sana begitu hangat. Bahkan menurut pengakuannya, banyak disjoki (DJ) yang kepincut dengan daftar lagu yang dimainkan Diskoria.

Baca Juga

“Pernah ada DJ dari luar (negeri) bolak-balik nge-email saya untuk minta lagunya karena memang saat denger lagu set Diskoria mereka keliatan antusias, kok ada lagu seperti ini  dan mereka akhirnya penasaran,” kata Merdi saat membagikan pengalamannya dalam konferensi pers virtual Program Digitalisasi Musik di saluran YouTube Budaya Saya pada Kamis (6/8).

Dengan mengemas ulang musik disko, pop, hingga funk Indonesia lawas, Diskoria juga sukses mempersatukan dua generasi berbeda untuk menikmati musik bersama. Berdansa bersama dalam iringan musik Diskoria.

“Ya sering kejadian ada orang tua dan anaknya joget bareng. Ya gitulah, joget lintas generasi lewat musik yang kami mainkan,” seloroh Merdi.

Diskoria telah merilis beberapa single, antara lain “Balada Insan Muda” yang dirilis pada Februari 2019. Untuk single ini, Diskoria bekerja sama dengan trio komposer LaleIlmaNino yang terdiri dari Lale dan Ilman dari Maliq & The Essentials serta Nino dari RAN. Lagu tersebut merupakan interpretasi Diskoria terhadap musik pop di era 1980-an. Hal itu tergambar dari aransemen dan pemilihan liriknya.

Kemudian pada Maret 2020, berkolaborasi dengan Dian Sastrowardoyo, Diskoria kembali merilis single berjudul “Serenata Jiwa Lara”. Single ini juga digarap bersama trio composer LaleIlmaNino. Karya ini didedikasikan untuk mendukung Yayasan Irama Nusantara, yaitu lembaga yang melakukan pengarsipan dan pendokumentasian terhadap musik populer Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement