Jumat 21 Aug 2020 14:42 WIB

Makin Marak Peretasan, Ini Cara Amankan Akun Twitter (1)

Sandi yang kuat tidak cukup untuk menjaga keamanan akun Twitter.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Twitter
Twitter

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Sosial media Twitter memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan siapa pun di dunia ini. Namun media sosial itu juga bisa menjadi tempat berbahaya. Banyak publik figur yang akun Twitter-nya diretas.

Dilansir dari PC, Jumat (21/8), berikut ini cara mengamankan akun Twitter Anda: 

Baca Juga

Verifikasi login

Saat ini, sandi yang kuat tidak cukup untuk menjaga keamanan akun. Untuk keamanan tambahan, Twitter menawarkan otentikasi dua faktor dan verifikasi tambahan seputar pengaturan ulang kata sandi. Pengguna bisa mengakses pengaturan ini dengan membuka More > Setting and Privacy >Account > Security.

Pengguna kemudian dapat mengatur bagaimana mereka menerima bentuk verifikasi kedua, yakni pesan teks, aplikasi pengautentikasi atau kunci keamanan. Setelah verifikasi login diaktifkan, pengguna akan diminta untuk memasukkan kata sandi dan kode login yang diberikan melalui bentuk verifikasi kedua.

Saat offline, pengguna dapat menggunakan kode cadangan yang akan disediakan Twitter saat mereka mengaktifkan fitur ini. Pastikan menyimpannya di tempat yang aman.

Pengguna juga dapat menggunakan perlindungan pengaturan ulang kata sandi untuk memastikan tidak ada yang dapat menyusup dan kemudian mengunci akun Twitter mereka. Mencentang opsi ini akan mengharuskan pengguna memberikan alamat email atau nomor telepon setiap kali mencoba mengubah kata sandi.

Tweet secara pribadi

Jika pengguna tidak ingin semua orang melihat apa yang ingin ditulis, kunci tweet sehingga hanya pengikut yang dapat melihatnya.

Pada desktop dan perangkat seluler, navigasikan ke Setting and Privacy > Privacy and Safety kemudian centak boks di sebelah Protect Your Tweets. Di perangkat seluler, pengguna bisa mengaktifkan tombol.

Mulai saat itu, tweet pengguna tidak akan terlihat oleh bukan pengikut, tidak akan muncul dalam pencarian dan tidak dapat diretweet. Ikon gembok juga akan muncul di sebelah nama pengguna dan pengikut baru harus disetujui.

Nonaktifkan Lokasi Tweet

Berbagi lokasi secara daring bisa berbahaya bagi sebagian orang. Cara menonaktifkannnya di desktop adalah buka Settings and Privacy > Privacy and Safety >Location Information dan hilangkan centang Add location information to my Tweets.

Di sini, pengguna juga dapat menghapus data lokasi dari tweet sebelumnya, tetapi perlu diketahui mungkin perlu beberapa saat untuk menampilkan semua tweet. Pada perangkat seluler, caranya buka Setting and Privacy > Privacy and Safety > Precise location dan matikan.

Awasi pemberian tag foto

Twitter memungkinkan penggunanya untuk menandai satu sama lain di foto sebagai cara lain untuk berbagi pengalaman di seluruh platform. Tapi beberapa telah disalahgunakan untuk melecehkan atau mengirim spam kepada orang lain.

Caranya, pilih Setting and Privacy > Privacy and Safety > Photo Tagging. Pengguna bisa menonaktifkan sepenuhnya atau memilih siapa yang dapat menandai mereka. Siapa pun bisa menandai pengguna atau hanya orang yang diikuti yang bisa menandai pengguna.

Edit Kemudahan Dapat Ditemukan

Twitter menggunakan kontak telepon dan email untuk menemukan orang yang mungkin pengguna kenal di Twitter dan menyarankan mereka sebagai orang untuk diikuti.

Ini bisa dinonaktifkan secara default, tetapi pengguna dapat memastikan semuanya sesuai dengan keinginan mereka. Caranya, buka Setting and Privacy > Privacy and Safety > Discoverability.

Pengguna bisa menghentikan orang lain menemukan akun mereka dengan hanya menonaktifkan alamat email, nomor telepon saja atau keduanya. Jika orang lain tidak ingin melihat kontak pengguna di Twitter, mereka dapat mengelola kontak dan menghapusnya dari catatan aplikasi.

Periklanan dan Pelacakan Data

Meskipun Twitter belum terkena kontroversi pengumpulan data yang telah ditangani Facebook, platform tersebut tetap melacak aktivitas penggunanya untuk menayangkan iklan yang dipersonalisasi. Jika pengguna ingin mengamakan akun dan informasi, mungkin mereka juga ingin mengawasi cara Twitter mengumpulkan dan membagikan data.

Navigasikan ke Setting and Privacy > Privacy and Safety > Personalization and Data. Pengguna dapat menonaktifkan iklan yang dipersonalisasi dan personalisasi berdasarkan identitas, lokasi dan perangkat.

Pengguna juga bisa mencegah Twitter membagikan data yang dikumpulkan pengiklan. Matikan semua fitur ini sekaligus dengan membalik tombol di sebelah personalization and data heading.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement