Rabu 04 Nov 2020 10:55 WIB

Singapura Wajibkan Siswa SD Gunakan Token Pelacakan

Siswa di Singapura berusia di atas tujuh tahun diwajibkan pakai kontak pelacak Covid

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Christiyaningsih
 Anak-anak kecil bermain skuter di Singapura. Siswa di Singapura berusia di atas tujuh tahun diwajibkan pakai kontak pelacak Covid-19. Ilustrasi.
Foto: EPA-EFE/WALLACE WOON
Anak-anak kecil bermain skuter di Singapura. Siswa di Singapura berusia di atas tujuh tahun diwajibkan pakai kontak pelacak Covid-19. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Siswa-siswa Singapura yang berusia di atas tujuh tahun harus menggunakan aplikasi pelacakan kontak Covid-19 atau perangkat yang dapat dikenakan mulai Desember. Dilansir BBC pada Rabu (4/11), keduanya menggunakan sinyal Bluetooth untuk mencatat setiap kontak dengan perangkat pengguna lain.

Ini adalah bagian dari upaya yang lebih luas untuk memungkinkan pertemuan dimulai kembali dan memberikan penelusuran yang lebih baik dalam pengaturan berisiko tinggi. Penelusuran ini terutama pada tempat seperti hotel, bioskop, dan pusat kebugaran yang sibuk.

Baca Juga

Jika mereka lupa atau menghilangkan token, anak-anak tersebut dipastikan tidak akan ditolak di sekolah mereka. Mereka akan diminta untuk menggunakan label nama pada token mereka dan itu diharuskan dilepas ketika mengikuti beberapa kegiatan karena sifatnya yang tidak tahan air atau jatuh.

Pemerintah Singapura mengatakan bahwa aplikasi atau token TraceTogether akan menjadi wajib di tempat kerja, restoran, dan pusat perbelanjaan. Para pendukung juga menyarankan token bisa lebih baik untuk privasi.

Data pengguna disimpan di token, dibersihkan secara teratur dan dikirim ke Kementerian Kesehatan hanya setelah tes virus corona dinyatakan positif. Sekolah-sekolah Singapura telah dibuka sejak Juni, usai penutupan dua bulan. Pada Senin (2/11), negara tersebut tidak mencatat kasus lokal Covid-19 dan satu kasus impor.

Di Inggris, semua penggunaan aplikasi pelacakan kontak lokal bersifat sukarela dan tidak ada alternatif yang dapat dikenakan, meskipun idenya telah dieksplorasi. Persatuan Pendidikan Nasional guru dan staf pendukung mengatakan telah terjadi peningkatan infeksi virus corona 50 kali lipat di sekolah menengah sejak September.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement