Jumat 06 Nov 2020 21:01 WIB

Rusia Bantah Laporan Sebut Putin Bakal Mundur karena Sakit

Kremlin menegaskan Vladimir Putin dalam keadaan sehat.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Vladimir Putin
Foto: AP/Alexander Zemlianichenko
Vladimir Putin

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov membantah laporan yang menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin bakal mengundurkan diri karena masalah kesehatan. Dia menyebut Putin dalam kondisi sehat.

"Tidak, dia (Putin) dalam kesehatan yang sangat baik," kata Peskov saat menjawab pertanyaan wartawan tentang laporan akan mundurnya Putin, dikutip laman kantor berita Rusia TASS, Jumat (6/11).

Baca Juga

Peskov pun diminta menanggapi laporan tabloid asal Inggris, The Sun, yang pertama kali menginformasikan bahwa Putin berencana mundur karena masalah kesehatan. "Tidak banyak yang bisa dikomentari di sini. Ini murni omong kosong. Presiden baik-baik saja," ucapnya.

The Sun, mengutip keterangan seorang sumber melaporkan bahwa Putin berencana menanggalkan jabatannya tahun depan. Putin disebut telah menunjukkan gejala parkinson. Menurut The Sun, pengamat telah mengamati rekaman Putin baru-baru ini.

Dalam video itu, kaki Putin tampak bergerak terus-menerus. Mimiknya menunjukkan bahwa dia menahan rasa sakit sambil memegang sandaran tangan kursi. Jari-jari Putin, tulis The Sun  dalam laporannya, juga tampak bergerak-gerak saat dia memegang cangkir yang diyakini berisi obat penghilang rasa nyeri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement