Senin 09 Nov 2020 00:30 WIB

Kisah Haru Joe Biden, Ayah yang Dekat dengan Anak-anaknya

Joe Biden pernah alami tragedi tragis yang menyedihkan tetapi juga mengharukan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Joe Biden pernah alami tragedi tragis yang menyedihkan tetapi juga mengharukan (Foto: Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden)
Foto: EPA-EFE/ANDREW HARNIK
Joe Biden pernah alami tragedi tragis yang menyedihkan tetapi juga mengharukan (Foto: Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih, Joe Biden, merupakan sosok ayah yang dekat dengan anak dan cucunya. Biden dikenal sebagai pria yang sayang terhadap keluarga. Namun, sang politisi pernah mengalami tragedi tragis dan menyedihkan, salah satunya saat istri pertamanya dan kedua anaknya meninggal dunia.

Biden menikahi Neilia Hunter pada 1966. Mereka memiliki tiga anak, yakni Hunter, Beau, dan Naomi. Neilia meninggal dunia dalam kecelakaan mobil pada 1972, bersama Naomi yang masih berusia satu tahun.

Baca Juga

Pada 1977, Biden menikah lagi dengan Jill Jacobs, dan memiliki seorang anak bersama Ashley. Mereka kembali dihantam ujian ketika Beau meninggal dunia pada 2015, setelah berjuang melawan kanker otak.

Beau bergabung dengan korps advokat Garda Nasional Angkatan Darat pada 2003. Dia menjadi jaksa agung Delaware sejak 2007-2015, dan berencana mencalonkan diri sebagai Gubernur Delaware pada 2016 yang tak sempat dia lakoni.

Pada Konvensi Nasional Partai Demokrat, Jill, istri Biden, menyampaikan perasaannya setelah kematian Beau. Dia merasa tidak akan pernah bisa lagi berbahagia, tersenyum, atau merasakan kehangatan musim panas.

"Empat hari setelah pemakaman Beau, saya melihat Joe bercukur dan mengenakan setelan jasnya. Saya melihatnya menguatkan dirinya di cermin, menarik napas, menegakkan bahu, dan kembali bekerja. Itulah dia," kata Jill.

Beau meninggalkan seorang istri bernama Hallie Olivere serta kedua anak mereka, Natalie Biden dan Robert Hunter Biden II. Saat ini, Natalie berusia 16 tahun dan Robert Hunter Biden II berusia 14 tahun.

Sementara, putra pertama Biden, Robert Hunter, lebih dikenal dengan nama tengahnya. Saat ini, Hunter bekerja sebagai pengacara dan mendirikan perusahaan modal ventura Eudora Global. Dia pernah berjuang mengatasi adiksi narkoba dan alkohol.

"Setiap orang menghadapi rasa sakit. Semua orang memiliki trauma, Ada adiksi di setiap keluarga. Saya pernah terjebak dalam kegelapan itu, terowongan tanpa akhir. Menemukan cara untuk mengatasinya," ucap Hunter pada sebuah wawancara.

Hunter menikah dengan Kathleen Buhle pada 1993 dan bercerai pada 2017. Pasangan itu memiliki tiga anak, bernama Naomi (seperti mendiang putri Biden), Finnegan, dan Maisy Biden. Usai bercerai, Hunter dekat dengan Hallie, janda Beau.

Dalam pernyataannya, Hunter mengakui kedekatan itu terbangun menjadi relasi yang kuat, namun tidak berlanjut ke jenjang pernikahan. Hunter akhirnya menikah dengan Melissa Cohen, sineas Afrika Selatan, pada 2019.

Sebelum pernikahan itu, Hunter diketahui mempunyai anak dengan Lunden Alexis Roberts yang lahir pada 2018. Bersama Melissa Cohen, Hunter juga menyambut bayi lelaki yang lahir dengan sehat di Los Angeles pada Maret 2020.

Putri bungsu Biden, Ashley Blazer Biden, merampungkan studi di Universitas Tulane. Dia menjabat sebagai direktur eksekutif di Delaware Center for Justice, organisasi nirlaba yang berorientasi pada reformasi peradilan pidana.

Dia juga bekerja sebagai pekerja sosial di Delaware selama 15 tahun. Ashley memiliki pengaruh besar dalam langkah politik ayahnya. Menurut wawancara dengan Delaware Today, dia pernah melakukan persuasi terhadap Biden untuk sebuah langkah fenomenal.

Tepatnya, Ashley membuat ayahnya berkolaborasi dengan anggota kongres Barbara Boxer terkait Undang-Undang Informasi Konsumen Perlindungan Lumba-Lumba Tahun 1990. Saat ini, Ashley telah beralih ke industri fashion dan mendirikan lini busana Livelihood. Pada Konvensi Nasional Partai Demokrat 2020, Ashley mengatakan bahwa ayahnya akan sangat stabil sebagai sosok presiden.

"Dia akan mengatakan yang sebenarnya, bahkan ketika Anda tidak ingin mendengarnya," ucap Ashley, dikutip dari laman Harper's Bazaar, Ahad (8/11).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement