Kamis 12 Nov 2020 15:44 WIB

Ini 11 Kelompok Prioritas Penerima Vaksin di Inggris

Inggris diketahui mendapatkan 40 juta dosis vaksin.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Gita Amanda
Tampak ampul dengan BNT162b2, isi kandidat vaksin Covid-19 yang berbasis mRNA buatan perusahaan farmasi Jerman Biontech. Vaksin yang dibuat juga bersama dengan Pfizer ini disebut 90 persen efektif.
Foto: EPA-EFE/BIONTECH SE
Tampak ampul dengan BNT162b2, isi kandidat vaksin Covid-19 yang berbasis mRNA buatan perusahaan farmasi Jerman Biontech. Vaksin yang dibuat juga bersama dengan Pfizer ini disebut 90 persen efektif.

REPUBLIKA.CO.ID, SKOTLANDIA -- Setelah berbulan-bulan melakukan lockdown, Inggris mengumumkan adanya vaksin Covid-19 yang diklaim efektif. Berdasarkan keterangan, vaksinasi dari Pfizer dan BioNTech, telah terbukti 90 persen efektif mencegah orang tertular Covid-19, dan dapat dilaksanakan pada awal Desember.

Politikus dan PM Skotlandia, Nicola Sturgeon, mengatakan kabar tentang vaksin itu sangat menggembirakan dan merupakan indikasi paling positif. Terlebih, ketika sains akan membuat masyarakat terbebas dari pandemi Covid-19. Namun menurutnya, masih ada rintangan yang harus diatasi agar penduduk bisa divaksinasi.

Baca Juga

Hingga kini, Inggris diketahui mendapatkan 40 juta dosis vaksin. Jumlah itu, cukup untuk memvaksinasi hingga 20 juta orang, mengingat setiap orang akan membutuhkan dua suntikan agar bisa optimal. Dengan populasi Britania Raya yang mencapai lebih dari 65 juta orang, jumlah itu berarti tidak semua orang di Inggris atau wilayah konstituen lainnya yang akan segera mendapatkan vaksin.

Mengutip Daily Record Kamis (12/11), awal tahun ini daftar draf akan diterbitkan, dan menunjukkan siapa yang kemungkinan mendapat antrian untuk vaksinasi. Pihak berwenang juga telah memilih 11 kelompok prioritas untuk vaksin tersebut.

Lebih jauh, Komite Bersama Vaksinasi dan Imunisasi (JCVI), juga telah memeriksa data tentang siapa yang paling menderita akibat virus corona dan siapa yang berisiko tertinggi meninggal. Berikut adalah 11 Kelompok penerima prioritas vaksinasi:

1. Orang dewasa yang lebih tua tinggal di rumah perawatan dan pekerja rumah perawatan

2. Semua yang berusia 80 tahun ke atas dan pekerja kesehatan dan perawatan sosial

3. Semua yang berusia 75 tahun ke atas

4. Semua yang berusia 70 tahun ke atas

5. Semua yang berusia 65 tahun ke atas

6. Orang dewasa berisiko tinggi di bawah usia 65 tahun

7. Orang dewasa dengan risiko sedang di bawah usia 65 tahun

8. Semua yang berusia 60 tahun ke atas

9. Semua yang berusia 55 tahun ke atas

10.Semua yang berusia 50 tahun ke atas

11.Sisa populasi (prioritas akan ditentukan).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement