Jumat 13 Nov 2020 16:46 WIB

Kamp Konsentrasi Nazi Ditemukan di Republik Ceko

Jejak bangunan utama kamp konsentrasi Nazi ditemukan di Republika Ceko

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Christiyaningsih
Seorang Yahudi tengah diekseksui dengan pistol oleh tentara Nazi.
Foto: google.com
Seorang Yahudi tengah diekseksui dengan pistol oleh tentara Nazi.

REPUBLIKA.CO.ID, LIBEREC — Baru-baru ini, jejak bangunan utama kamp konsentrasi Nazi ditemukan di sebuah lokasi yang saat ini menjadi Republik Ceko bagian utara. Tak hanya itu, beberapa penemuan lain dari kamp konsentrasi era Perang Dunia II itu juga ditemukan seperti cangkir timah, pecahan piring, lantai batu bata, hingga fondasi.

Mengutip Archaeology Jumat (13/11), situs tersebut juga diketahui sebagai salah satu dari empat kamp interniran Roma yang telah dibangun di kota Liberec.

Baca Juga

Berdasarkan catatan sejarah yang ada, setidaknya 130 orang Roma ditahan di kamp ini oleh Nazi antara tahun 1941 dan 1943. Mereka mengisi kamp tersebut ketika hendak dipindahkan ke kamp kematian yang lebih besar seperti Ravensbrück, Buchenwald, dan Auschwitz.

Menanggapi hal itu, Arkeolog Petr Brestovanský dari Museum North Bohemian mengatakan bangunan itu dibangun dengan kerja paksa dari pihak Romawi. Dia menegaskan kamp itu juga kemudian diketahui menampung tahanan asal Prancis yang dipaksa bekerja di tambang terdekat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement