Selasa 17 Nov 2020 15:58 WIB

Xabi Alonso Dinilai Bakal Jadi Pelatih Hebat

Klub-klub elite sepak bola Eropa ingin pelatih punya ikatan dengan penggemar.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Xabi Alonso
Foto: EPA/KIKO HUESCA
Xabi Alonso

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Mantan gelandang Liverpool, Xabi Alonso tampil mengesankan dalam pekerjaan barunya sebagai sosok manajemen usai pensiun dari dunia sepak bola.

Steven Gerrard bukanlah satu-satunya eks pemain Liverpool yang diangkat ke manajemen klub setelah pensiun dari lapangan hijau.

Klub-klub elite sepak bola Eropa semakin menekankan pentingnya memiliki manajer yang memiliki hubungan khusus dengan para penggemar.

Contoh kasus, di belantara sepak bola Negeri Ratu Elizabeth beberapa wajah baru di dunia kepelatihan sudah tidak asing bagi para penggemar sepak bola.

Salah duanya yakni Frank Lampard bersama Chelsea, dan Ole Gunnar Solskjaer di bawah kursi panas Manchester United (MU). Sementara Mikel Arteta yang sempat menjabat sebagai asisten Josep Guardiola beralih menukangi Pierre-Emerick Aubameyang di Arsenal.

Pentingnya popularitas untuk menjadi pelatih sangat menjadi pertimbangan, disamping kehebatan mereka dalam urusan meracik formasi. Di sepak bola Italia, Andrea Pirlo dan Gennaro Gattuso sudah mulai mencicipi pekerjaan sebagai juru taktik.

Dilansir Liverpool Echo, Selasa (17/11) Liverpool saat ini memiliki banyak mantan pemain yang menjabat sebagai manajer. Selain Gerrard yang tengah berseri dengan Glasgow Rangers di Liga Skotlandia, terdapat Xabi Alonso yang juga saat ini menjadi pelatih tim B Real Sociedad, bermain di divisi ketiga regional sepak bola Spanyol.

Tak begitu mengejutkan Alonso masuk dalam dunia adu taktik, pasalnya kala bermain sebagai pesepak bola ia merupakan tipikal pemain yang dapat mengatur ritme pun tempo permainan sebagai gelandang tengah.

"Saya pikir dia pragmatis dalam pendekatannya terhadap sepak bola. Ini adalah pria yang merangkul metode Pep Guardiola, Jose Mourinho dan Carlo Ancelotti, dan dia telah mengambil sedikit dari mereka semua, dan dia jelas sangat cerdas," kata pakar sepak bola Spanyol Sid Lowe menjelaskan di The Spanish Football Podcast, Selasa (17/11).

Alonso memiliki segudang pengalaman sebagai pemain. Ia pernah dilatih oleh juru taktik sekelas Carlo Ancelotti, pun Jose Mourinho. Praktis, ia tentu dapat menyerap ilmu dari para mentornya selama ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement