Rabu 18 Nov 2020 14:45 WIB

Diplomat Inggris Selamatkan Mahasiswi China

Diplomat Inggris dipuji karena selamatkan mahasiswi China yang tenggelam di sungai

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Diplomat Inggris dipuji karena selamatkan mahasiswi China yang tenggelam di sungai. (ilustrasi).
Foto: Antara
Diplomat Inggris dipuji karena selamatkan mahasiswi China yang tenggelam di sungai. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, CHONGQING -- Seorang diplomat Inggris dipuji sebagai pahlawan usai menyelamatkan seorang mahasiswi yang tenggelam di sebuah sungai. Konsulat Jenderal Inggris di Chongqing, China, Stephen Ellison, saat itu sedang berjalan-jalan di sebuah desa.

Ia melihat seorang perempuan berusia 24 terpeleset dari batu dan masuk ke dalam perairan dalam. Dalam video yang diambil salah satu pengunjung desa terlihat perempuan itu pingsan.

Baca Juga

Semua orang berteriak dan mencari cara untuk menyelamatkan perempuan tersebut. Ellison turun ke tepi sungai, mencopot sepatunya, dan masuk ke dalam air. Salah satu orang melemparkan ban penyelamat.

"Dia tidak sadarkan diri, dia tidak bernapas dan untuk beberapa saat kami mengkhawatirkan yang terburuk. Namun ketika kami sampai ke tepi, ia mulai bernapas lagi," katanya pada BBC, Selasa (17/11).

Sejumlah orang berusaha menarik mahasiswi yang jatuh dan konsulat jenderal Chongqing yang baru satu bulan menjabat itu. Pengunjung dan warga desa memberinya pakaian kering dan minuman hangat.

Ellison mengatakan mahasiswa yang berasal dan belajar di Chongqing University itu masih gemetar. Akan tetapi ia mulai pulih dari pengalaman menegangkan tersebut. Ia sangat berterima kasih pada Ellison dan mengundangnya makan makan bersama keluarganya pekan depan.

Ellison berasal dari Newcastle kepala perwakilan Inggris di Chongqing. Tugas utamanya adalah menjembatani perdagangan bilateral antara Inggris dan China. Hubungan China dan Inggris kian memburuk dalam beberapa tahun terakhir terutama dalam isu Hong Kong, perusahaan teknologi Huawei, dan pandemi virus corona.

Namun di media sosial China Ellison banjir pujian. Para pengguna media sosial menyebutnya sebagai pahlawan, contoh baik, dan orang 'yang pantas untuk dikagumi'. Ia bahkan dipanggil dengan sebutan 'paman' panggilan yang hampir tidak pernah ditujukan untuk orang asing.

"Orang seperti Anda disebut Ksatria di Inggris, kami memanggilnya pahlawan," tulis salah satu pengguna Weibo.

"Untuk orang yang memiliki jabatan tinggi masuk ke dalam air untuk menyelamatkan orang lain, Anda harus seperti ini," tulis pengguna Weibo lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement