Senin 30 Nov 2020 16:47 WIB

Jepang Bangun Patung Raksasa Franky 'One Piece'

Patung raksasa Franky 'One Piece' diresmikan di stasiun Takamori.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Jepang meresmikan patung raksasa Franky 'One Piece' di stasiun Takamori (Foto: karakter Franky One Piece)
Foto: Tangkapan layar youtube
Jepang meresmikan patung raksasa Franky 'One Piece' di stasiun Takamori (Foto: karakter Franky One Piece)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Awal pekan ini, patung raksasa karakter fiktif di serial manga populer “One Piece” Franky diresmikan di luar Stasiun Takamori di Prefektur Kumamoto, Jepang. Patung Franky lebih dari sekadar karya seni publik bertema anime, ini adalah bagian dari proyek yang membantu penyembuhan Prefektur Kumamoto.

Pada 16 April 2016, gempa bumi berkekuatan 7,0 menyebabkan kerusakan besar di Prefektur Kumamoto. Kerugian akibat gempa bumi itu diperkirakan mencapai 5 miliar dolar AS, dengan meratakan rumah, bisnis, dan beberapa situs bersejarah penting.

Baca Juga

Setelah bencana itu, kucuran sumbangan hadir dari berbagai pihak salah satunya dari pencipta One Piece, Eiichiro Oda. Ia memberikan sumbangan 300 juta yen dan 500 juta yen atas nama Monkey D Luffy, tokoh protagonis One Piece yang terkenal.

Oda dibesarkan di Kota Kumamoto, ibu kota prefektur, dan selalu menjalin hubungan yang kuat dengan daerah tersebut. Oda juga mengerjakan beberapa proyek pemulihan lainnya termasuk membuat cover kereta.

Meskipun membuat patung dari uang donasi bencana mungkin dianggap aneh, namun pada kenyataannya ide ini mampu menarik wisatawan. Para wisatawan ini akan membayar untuk menggunakan fasilitas lokal dan membeli barang-barang lokal.

Peneliti dari Universitas Shokei mensurvei orang-orang yang mengunjungi patung Luffy pada 2019 dan 2020 dan memperkirakan bahwa patung tersebut menarik 55.211 pengunjung per tahun. Seperti dilansir dari laman CBR pada Senin (30/11) pemerintah pun mendapat pemasukan daerah mencapai 2,67 miliar yen dari kedatangan wisatawan.

Oda juga sempat menulis alasan untuk membuat patung-patung itu. Menurut dia, saat kru One Piece mendarat di Kumamoto, mereka melihat kerusakan dan memutuskan untuk membantu. 

Luffy mengerahkan krunya di sekitar prefektur, mengirim masing-masing ke tempat di mana keahlian mereka akan berguna bagi penduduk setempat. Setiap patung memiliki papan informasi yang menginformasikan pengunjung tentang daerah setempat dan kerusakan yang dideritanya.

Dedikasi Eiichiro Oda untuk prefektur Kumamoto sangat menghangatkan hati. Patung-patung ini juga merupakan contoh yang bagus tentang bagaimana fiksi dapat membantu masyarakat melewati krisis.

Pada 2019, dua patung pertama diresmikan. Patung Sanji ditempatkan di kota Mashiki, dan patung Usopp didirikan di depan stasiun Aso. Tahun 2020 ada penambahan tiga patung lagi yakni karakter Tony Tony Chopper yang muncul di Kebun Binatang dan Kebun Raya Kota Kumamoto, karakter Brook di Fureai Hiroba Square di Kota Mifune dan sekarang Franky di Stasiun Takamori. Tiga patung lagi yang menggambarkan Roronoa Zoro, Nami dan Robin akan segera bergabung dengan patung karakter One Piece lainnya di beberapa titik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement