Rabu 09 Dec 2020 01:20 WIB

Lansia 90 tahun Ini Orang Pertama yang Disuntik Vaksin Covid

Inggris memulai program vaksinasi massal Covid-19.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Teguh Firmansyah
Tampak ampul dengan BNT162b2, isi kandidat vaksin Covid-19 yang berbasis mRNA buatan perusahaan farmasi Jerman Biontech. Vaksin yang dibuat juga bersama dengan Pfizer ini disebut 90 persen efektif.
Foto: EPA-EFE/BIONTECH SE
Tampak ampul dengan BNT162b2, isi kandidat vaksin Covid-19 yang berbasis mRNA buatan perusahaan farmasi Jerman Biontech. Vaksin yang dibuat juga bersama dengan Pfizer ini disebut 90 persen efektif.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Seorang wanita berusia 90 tahun menjadi pasien pertama di dunia yang menerima vaksin Pfizer Covid-19 setelah mendapat persetujuan di Inggris, tempat badan kesehatan nasional Inggris (NHS)

Wanita yang bernama Margaret Keenan itu menerima suntikan vaksin sekitar pukul 6.45 pagi di Coventry, menandai dimulainya program vaksinasi massal bersejarah. Vaksin akan diberikan di 50 pusat rumah sakit di seluruh negeri. Pasien berusia 80 tahun ke atas yang sudah dirawat di rumah sakit sebagai pasien rawat jalan atau sedang dipulangkan setelah dirawat di rumah sakit, menjadi yang pertama dalam antrean.

Baca Juga

Keenan, yang dikenal sebagai Maggie, menerima suntikan dari perawat May Parsons di rumah sakit Universitas dan dia merasa terhormat. Betapa tidak, mantan asisten toko perhiasan yang pensiun empat tahun lalu itu berulang tahun ke-91 pada pekan depan.

"Saya merasa sangat terhormat menjadi orang pertama yang divaksinasi Covid-19. Ini adalah hadiah ulang tahun terbaik yang bisa saya harapkan karena itu berarti saya akhirnya dapat menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman saya di tahun baru setelah berada di sini hampir sepanjang tahun," kata Keenan, yang memiliki seorang putri, seorang putra dan empat cucu, seperti dilansir dari The Guardian, Selasa (8/12).

Keenan berasal dari Enniskillen, Irlandia Utara, tetapi telah tinggal di Coventry selama lebih dari 60 tahun. "Saya tidak dapat berterima kasih kepada May dan staf NHS yang telah merawat saya dengan sangat baik, dan saran saya kepada siapa pun yang menawarkan vaksin, adalah meminumnya. Jika saya dapat memilikinya pada usia 90 tahun maka Anda juga dapat memilikinya," katanya.

Parsons, perawat asal Filipina yang telah bekerja di NHS selama 24 tahun, juga merasa mendapat kehormatan besar karena menjadi orang pertama di negara itu yang memberikan vaksin kepada seorang pasien. "Saya senang bisa memainkan peran di hari bersejarah ini. Beberapa bulan terakhir ini sulit bagi kami semua yang bekerja di NHS, tapi sekarang rasanya ada cahaya di ujung terowongan," kata Parsons.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengucapkan terima kasih kepada NHS dan kepada semua ilmuwan yang bekerja sangat keras untuk mengembangkan vaksin ini. Termasuk juga untuk semua relawan dan semua orang yang telah mengikuti aturan untuk melindungi orang lain. "Kita akan mengalahkan ini bersama-sama," katanya.

Kepala eksekutif NHS Inggris, Sir Simon Stevens, mengatakan, ini adalah momen bersejarah dan langkah pertama dalam program vaksinasi terbesar yang pernah ada di negaranya. Kurang dari setahun setelah kasus pertama penyakit baru ini didiagnosis, NHS sekarang telah memberikan vaksinasi Covid-19 pertama yang disetujui secara klinis. "Ini pencapaian yang luar biasa," kata Stevens.

Keenan telah mengisolasi diri hampir sepanjang tahun ini dan berencana mengadakan pesta Natal di keluarga kecilnya. Dia satu dari 400 ribu orang yang akan menerima gelombang pertama 800 ribu dosis, dan akan menerima suntikan penguat dalam 21 hari.

Orang kedua yang mendapat suntikan adalah William "Bill" Shakespeare yang berusia 81 tahun, seorang pasien rawat inap di rumah sakit di Coventry yang merupakan penduduk lokal di daerah kelahiran senama, Warwickshire.

Penyedia rumah perawatan diminta oleh Departemen Kesehatan dan Perawatan Sosial untuk mulai memesan staf ke klinik vaksinasi. Selain itu juga diharapkan petugas layanan kesehatan yang berisiko tertinggi terkena penyakit serius dari Covid-19 akan menjadi pasien yang divaksin berikutnya.

Pusat rumah sakit, pusat vaksinasi dan lokasi komunitas lainnya, serta tempat praktik dokter umum dan apotek, akan digunakan dalam program vaksin, meskipun kepala kesehatan menghadapi tantangan logistik yang kompleks. Vaksin Pfizer perlu disimpan pada -70C sebelum dicairkan dan hanya dapat dipindahkan empat kali di dalam rantai dingin sebelum digunakan.

Sir Patrick Vallance, kepala penasihat ilmiah pemerintah, mengatakan program Inggris ini bukan tentang nasionalisme vaksin. "Penting untuk mengetahui bahwa upaya vaksin telah mendunia, ada banyak negara dan ilmuwan di mana-mana yang mencoba membuat vaksin dan sepertinya banyak yang akan berhasil," katanya.

"Inggris telah melakukannya dengan baik untuk menyiapkan dan mengakses vaksin dan sungguh brilian kami berada dalam posisi untuk memvaksinasi seseorang hari ini. Tetapi kita membutuhkan vaksin untuk dunia, itulah yang perlu difokuskan," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement