Kamis 17 Dec 2020 16:37 WIB

Menteri Energi Pilihan Biden untuk Saingi Mobil Listrik Cina

Tokoh terdepan mobil listrik AS, Jennifer Granholm diproyeksi jadi menteri energi

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Ilustrasi Mobil Listrik
Foto: pixabay
Ilustrasi Mobil Listrik

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden diperkirakan akan mencalonkan Jennifer Granholm sebagai menteri energi AS. Mantan gubernur Michigan itu salah satu tokoh terdepan mobil elektrik.

Granholm  berhasil mengamankan dana federal sebesar 1,31 miliar dolar AS untuk perusahaan-perusahaan otomotif di negara bagiannya memproduksi mobil listrik dan baterainya. Tugas Granholm sebagai menteri energi adalah membantu AS mengalahkan China dalam produksi mobil listrik.

Baca Juga

Mendorong produksi mobil listrik tercantum dalam rencana penanggulangan perubahan iklim senilai 2 triliun dolar AS. Biden mengatakan China berhasil mengungguli AS dalam produksi kendaraan elektronik (EV).

Namun, ia mengatakan dengan kebijakan hijau yang benar AS dapat memiliki pasarnya tersendiri. Biden berjanji membangun 550 ribu pengisian bahan bakar listrik di seluruh AS dan membuka 1 juta lapangan pekerjaan dengan berinvestasi pada penelitian energi bersih.

Tim transisi Biden tidak menjawab permintaan komentar mengenai bagaimana Granholm mendorong produksi EV AS. Pemerintahan Biden harus membujuk Kongres untuk meloloskan kredit pajak dan miliar dolar AS stimulus lagi.  

Direktur Zero Emission Transportation Association (ZETA) Joe Britton mengatakan ia optimistis Granholm dapat menciptakan perbedaan. Granholm mendorong inisiatif hijau di Rust-Belt Michigan.

"Jika kami mengembangkan sektor kendaraan elektronik, kami dapat dapat menciptakan ratusan ribu lapangan pekerjaan dan Gubernur Granholm pembela utama pengembangan ekonomi tersebut," kata Britton.

ZETA terdiri dari 28 perusahaan utilitas dan mobil termasuk Tesla Inc, PG&E Corp dan Southern Co. Bulan lalu mereka meluncurkan lobi untuk kebijakan yang mendorong produksi mobil listrik di AS.

Britton mengatakan di bawah kepemimpinan Granholm, Kementerian Energi dapat memainkan penting dalam menyebarkan mobil canggih dan rantai pasokan pabrik. Granholm masih membutuhkan persetujuan dari Senat untuk resmi menjadi Menteri Energi AS.

Ia dianggap akan mengubah kebijakan Donald Trump yang mendorong produksi minyak dan gas alam. Pemerintahannya menolak kredit pajak untuk memproduksi lebih banyak EV dan membuat mobil bensin lebih mudah dijual.

Granholm menjabat sebagai Gubernur Michigan dari tahun 2003 hingga 2011. Ia bekerja sama dengan Biden untuk bailout pabrik mobil General Motors Co dan Chrysler pada 2009. Ia memasukkan investasi pada baterai mobil listrik dalam syarat bailout. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement