Jumat 18 Dec 2020 16:52 WIB

Permainan Tradisional Turki Masuk ke Dalam Daftar UNESCO

Jumlah elemen budaya Turki di Daftar Warisan Budaya Tak benda mencapai 20

Red: Nur Aini
Permainan strategis tradisional Turki, Mangala masuk ke Daftar Warisan Budaya Tak Benda (WBTB).
Permainan strategis tradisional Turki, Mangala masuk ke Daftar Warisan Budaya Tak Benda (WBTB).

 

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Kementerian Luar Negeri Turki pada Kamis (17/12) memuji UNESCO karena telah menambahkan permainan strategis tradisional Mangala ke Daftar Warisan Budaya Tak Benda (WBTB).

Baca Juga

"Nominasi multinasional kami untuk 'Permainan kecerdasan dan strategi tradisional: Togyzqumalaq, Toguz Korgool, Mangala/Gocurme' yang diserahkan kepada Kazakhstan dan Kyrgyzstan, telah dimasukkan dalam Daftar Perwakilan UNESCO untuk Warisan Budaya Tak Benda pada acara yang diadakan secara online antara 14-19 Desember 2020," kata kementerian dalam keterangan tertulis.

Dengan penambahan itu, jumlah elemen budaya Turki yang terdaftar sebagai WBTB telah mencapai 20, tambah pernyataan itu. Kementerian tersebut juga mengatakan Turki "akan terus mempromosikan dan melestarikan" warisan budaya negara itu.

Mangala adalah permainan papan intelijen dan strategi Turki yang biasanya dimainkan oleh dua orang atau dalam kelompok. Permainan yang telah dimainkan terutama di istana, penginapan, dan halaman masjid selama periode Ottoman, dianggap sebagai alat untuk sosialisasi dan berbagi budaya, menurut Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/permainan-tradisional-turki-masuk-ke-dalam-daftar-unesco/2080891
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement