Selasa 22 Dec 2020 15:43 WIB

Astronom Pemburu Alien Deteksi Sinyal Misterius, Apa Itu?

Astronom menemukan sinyal dari Proxima Centauri.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Proxima Centauri.
Foto: wikipedia
Proxima Centauri.

REPUBLIKA.CO.ID, PENNSYLVANIA -- Para astronom yang berburu sinyal radio dari peradaban alien telah mendeteksi sinyal menarik dari arah Proxima Centauri. Proxima Centauri adalah sistem bintang terdekat ke matahari.

Para peneliti masih mempersiapkan makalah tentang penemuan tersebut, dan datanya belum dipublikasikan. Sinyalnya dikabarkan berupa pancaran sempit gelombang radio 980 MHz terdeteksi pada April dan Mei 2019 di teleskop Parkes di Australia, dilansir di Live Science, Selasa (22/12).

Baca Juga

Teleskop Parkes adalah bagian dari proyek Breakthrough Listen senilai 100 juta dolar AS untuk berburu sinyal radio dari sumber teknologi di luar tata surya. Sinyal 980 MHz muncul sekali dan tidak pernah terdeteksi lagi. Frekuensi itu penting karena pita gelombang radio itu biasanya kekurangan sinyal dari pesawat dan satelit buatan manusia.

Breakthrough Listen mendeteksi sinyal radio yang tidak biasa sepanjang waktu. Di antara sumber-sumber Bumi, keluaran radio alami matahari dan sumber-sumber alam di luar tata surya, ada banyak gelombang radio yang memantul di luar sana.

Sinyal ini tampaknya datang langsung dari sistem Proxima Centauri, hanya 4,2 tahun cahaya dari Bumi. Sinyal dilaporkan bergeser sedikit saat sedang diamati, dengan cara yang menyerupai pergeseran yang disebabkan oleh pergerakan sebuah planet.

Proxima Centauri memiliki satu dunia berbatu yang diketahui 17 persen lebih besar dari Bumi, dan satu raksasa gas yang diketahui. "Ini adalah kandidat serius pertama untuk komunikasi alien sejak 'Wow! Signal'," kata salah satu sumber yang mengetahui mengenai data sinyal.

Wos signal adalah sinyal radio terkenal yang terdeteksi pada tahun 1977 yang juga menyerupai tanda tangan dari 'dunia lain'. Sumber yang lebih biasa seperti komet atau awan hidrogennya, yang juga bisa menjelaskan Wow! Signal.

Sofia Sheikh dari Penn State University, yang memimpin analisis sinyal untuk Breakthrough Listen, menyuarakan kegembiraannya tentang hal itu.

"Ini adalah sinyal paling menarik yang kami temukan dalam proyek Breakthrough Listen, karena kami belum mendapatkan sinyal ini banyak dari filter kami sebelumnya, "kata Sheikh.

Ia menambahkan bahwa sinyal itu sekarang disebut sebagai Kandidat Breakthrough Listen Candidate 1, atau BLC1.

Tantangan yang melekat dalam mencari komunikasi alien adalah tidak ada yang tahu bagaimana alien bisa berkomunikasi, dan tidak ada yang tahu semua potensi sumber alami gelombang radio di alam semesta.

Jadi, ketika sinyal tiba yang tampaknya masuk akal dalam teknologi dan tidak datang dengan penjelasan alami yang mudah, Anda tergoda untuk menduga ke alien. Sejauh ini, tidak ada data tentang sinyal ini yang bersifat publik. Meskipun sinyal ini dipublikasikan, tidak akan ada jawaban yang pasti, itulah yang terjadi dengan Wow! Signal.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement