Rabu 23 Dec 2020 18:50 WIB

Menteri Saudi Jelaskan Alasan Pemecatan Para Imam

Mereka diberhentikan karena gagal peringatkan warga soal bahaya Ikhwanul Muslimin.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Logo ikhwanul muslimin
Foto: tangkapan layar wikipedia.org
Logo ikhwanul muslimin

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Menteri Urusan Islam Arab Saudi Abdullatif bin Abdulaziz al-Sheikh mengonfirmasi kabar tentang pemecatan sejumlah imam di negara tersebut. Mereka diberhentikan karena tak melaksanakan arahan pemerintah untuk memperingatkan warga tentang bahaya Ikhwanul Muslimin serta ideologinya.

“Laporan tentang beberapa imam yang dipecat itu benar. Ini karena kegagalan mereka dalam melaksanakan arahan kementerian dalam menerbitkan pernyataan dari Dewan Cendekiawan Agama Senior yang berkomentar dan menjelaskan kepada orang-orang tentang bahaya kelompok teroris Ikhwanul Muslimin,” kata al-Sheikh pada Selasa (22/12), dikutip laman Al Arabiya.

Baca Juga

Kendati demikian, dia menegaskan bahwa para imam tersebut diberhentikan bukan karena mereka berasal atau mendukung ideologi Ikhwanul Muslimin. “Ini merupakan prosedur peraturan kementerian bagi mereka yang tidak melaksanakan arahan atau lambat dalam melaksanakannya akan ditiadakan dan digantikan oleh yang siap serta memenuhi syarat,” ujarnya.

Arab Saudi secara resmi menetapkan Ikhwanul Muslimin sebagai organisasi teroris pada 2014. Pada 10 November lalu, The Saudi Council of Senior Scholars (CSS) turut menyatakan Ikhwanul Muslimin sebagai kelompok teroris. CSS pun menuduh kelompok tersebut sebagai faktor destabilisasi di kawasan.

Ikhwanul Muslimin telah mengecam keputusan dan pernyataan CSS. Mereka menyebut kerap menjadi korban kekerasan dan rezim diktator.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement