Ahad 27 Dec 2020 06:56 WIB

Bulgaria dan Romania Terima Gelombang Pertama Vaksin Covid

Kedatangan vaksin tersebut merupakan momen yang penting.

Rep: Lintar Satria/ Red: Fuji Pratiwi
 Botol vaksin Covid-19 (ilustrasi). Bulgaria mulai menerima gelombang pertama vaksin Covid-19.
Foto: AP/Esteban Felix
Botol vaksin Covid-19 (ilustrasi). Bulgaria mulai menerima gelombang pertama vaksin Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, SOFIA -- Gelombang pertama vaksin Covid-19 tiba di Bulgaria. Pada, Sabtu (26/12) truk yang membawa 9.750 dosis vaksin dikawal polisi masuk ke Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Bulgaria di Sofia.

Baca Juga

Kotak-kotak vaksin Pfizer BioNTech itu disimpan di sana. Menteri Kesehatan Bulgaria  Kostadin Angelov mengatakan vaksinasi dimulai pada Ahad (27/12), demikian dilansir Associated Press.

Ia mengatakan, petugas medis yang merawat pasien Covid-19 akan menjadi kelompok prioritas penerima vaksin. Begitu pula dengan penghuni panti wreda.

Negara Balkan itu mengkonfirmasi 196.915 kasus infeksi Covid-19 termasuk 7.073 kasus kematian. Pihak berwenang kesehatan khawatir musim liburan memicu gelombang penularan.

Sementara gereja-gereja Ortodoks di negara itu tetap buka dan banyak jemaat yang menghadiri misa. Romania juga sudah menerima vaksin Covid-19.

Vaksin tersebut disimpan di dalam gudang militer sebelum disebar ke sembilan rumah sakit di seluruh negeri. Perdana Menteri Romania Florin Catu mengatakan, kedatangan vaksin tersebut sebagai momen yang penting.

"Kami sudah menunggu momen ini selama satu tahun," kata Catu.

Negara yang berpopulasi 19 juta orang itu cukup terdampak pandemi virus corona. Penularan mulai mereda tapi mereka membutuhkan reformasi dan pemulihan ekonomi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement