Senin 28 Dec 2020 05:10 WIB

Donald Trump Ingin Namanya Jadi Nama Bandara

Trump disebut ingin mewariskan sesuatu yang mencerminkan pemerintahannya

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Presiden Donald Trump
Foto: AP Photo/Evan Vucci
Presiden Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Media Amerika Serikat (AS) Daily Beast melaporkan Presiden Donald Trump bertanya pada pembantu dan penasehatnya bagaimana caranya agar ada bandara yang menggunakan namanya. Salah satu sumber mengatakan Trump sangat 'ingin' ada bandara yang memakai namanya.

Sumber lain mengatakan Trump mencari penjelasan apa 'dokumen' yang dibutuhkan agar ada nama bandara yang diubah menjadi namanya. Dikutip dari Business Insider pada Ahad (27/12), salah satu sumber memberitahu Daily Beast pertama kali Trump bertanya mengenai bagaimana caranya ada bandara yang memakai namanya ia lakukan pada tahun 2018. Tampaknya Trump semakin tertarik mewujudkan hal tersebut.

Baca Juga

Keinginan itu menguat terutama saat ia akan meninggalkan Gedung Putih dan ingin mewariskan sesuatu yang mencerminkan pemerintahannya. Deputi sekretaris pers Gedung Putih Judd Deere menolak untuk mengonfirmasi apakah pembicaraan mengenai hal itu pernah terjadi.

"Kami tidak mengomentari perbincangan pribadi," kada Deere pada Miami Herald.

Hingga kini belum diketahui bandara apa yang menggunakan nama Trump. Namun Wakil Ketua Partai Republik cabang Florida, Christian Ziegler, mengisyaratkan Palm Beach International Airport dapat diubah menjadi Trump International Airport.

"Akan menjadi pintu gerbang Florida Selatan bagi penggemar mantan presiden," kata Ziegler pada Sun-Sentinel.

Ia mengatakan pesawat kepresidenan AS, Air Force, kerap terbang ke bandara itu selama Trump menjabat. Ziegler juga menyarankan presiden AS ke-45 itu untuk membuka perpustakaan presiden di dekat Mar-a-Lago Club milik Trump.

Sejumlah laporan menyebutkan beberapa anggota keluarga Trump termasuk putrinya Ivanka berencana pindah ke Florida. Hal itu tidak akan berjalan baik bagi tetangga presiden yang menurut surat kabar Washington Post berusaha agar keluarga Trump tidak pindah permanen ke Palm Beach.  

Tidak biasa menamakan bandara dengan nama mantan presiden. Di Virginia ada bandara Ronald Reagan Washington National Airport dan di New York ada John F. Kennedy Airport. Lalu yang terbaru Bill and Hillary Clinton National Airport di Little Rock, Arkansas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement