Kamis 31 Dec 2020 01:36 WIB

Argentina Legalkan Aborsi

Argentina menjadi negara terbesar di Amerika Latin pertama yang melegalkan aborsi.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Gita Amanda
 Argentina menjadi negara terbesar di Amerika Latin pertama yang melegalkan aborsi. (ilustrasi)
Foto:

Uruguay, Kuba dan Guyana adalah satu-satunya negara lain di Amerika Latin yang mengizinkan aborsi berdasarkan permintaan. Argentina, seperti sejumlah negara lain di kawasan ini, sebelumnya telah mengizinkan aborsi dalam kasus pemerkosaan atau jika kehamilan berisiko bagi kesehatan wanita. Sementara negara Amerika Latin lainnya memiliki batasan yang lebih ketat atau larangan total.

"Legalisasi aborsi di Argentina adalah kemenangan besar yang melindungi hak-hak fundamental dan akan menginspirasi perubahan di Amerika Latin," ujar wakil direktur Amerika untuk Human Rights Watch Tamara Taraciuk Broner dikutip laman New York Times, Rabu (30/12).

"Namun, dapat diprediksi bahwa ini juga akan memobilisasi kelompok-kelompok pendukung kehidupan," ujarnya menambahkan.

Legalisasi aborsi di Argentina adalah teguran keras Paus Fransiskus. Dia memuji kelompok perempuan dari lingkungan miskin atas aktivitasnya melawan aborsi. Itu juga merupakan kemunduran bagi gereja-gereja Protestan evangelis yang tumbuh cepat di negara itu, yang telah bergabung dengan Gereja Katolik dalam menentang perubahan tersebut.

"Saya merasakan kesedihan yang mendalam bahwa di negara yang saya cintai ini hak untuk hidup tidak dihormati," kata Abigail Pereira (27 tahun) yang telah berada di Buenos Aires memprotes legalisasi. "Tapi saya akan terus berjuang," ujarnya menambahkan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement