Jumat 01 Jan 2021 08:41 WIB

Pakistan Tangkap 24 Tersangka Penyerang Kuil Hindu

Kuil dibakar dan dirusak oleh massa di Provinsi Barat Laut Khyber Pakthunkhwa

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Kuil Hindu di Pakistan / Ilustrasi
Foto: Daily Times
Kuil Hindu di Pakistan / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KARACHI -- Polisi Pakistan menangkap 24 orang tersangka penyerangan Shri Paramhans Ji Maharaj Samadhi, sebuah kuil Hindu di negara tersebut. Kuil tersebut dibakar dan dirusak oleh massa di Provinsi Barat Laut Khyber Pakthunkhwa.

Serangan terhadap kuil pada hari Rabu (30/12) di kota Karak menuai kecaman dari aktivis hak asasi manusia dan komunitas minoritas Hindu. Polisi setempat mengatakan mereka menahan 24 orang dalam penggerebekan semalam dan lebih banyak penggerebekan sedang dilakukan untuk menangkap orang-orang yang berpartisipasi atau memprovokasi massa untuk menyerang kuil.

Serangan itu terjadi setelah penduduk setempat seolah-olah tersinggung dengan rencana perpanjangan candi, yang telah direnovasi selama bertahun-tahun.

Candi itu rusak parah dalam serangan pada tahun 1997 dan pemerintah provinsi hanya melakukan renovasi terbatas yang dilakukan pada candi itu sampai Mahkamah Agung memerintahkan pemugaran penuh pada tahun 2015.

Komunitas Hindu Pakistan yang terdiri kurang dari 2 persen dari 200 juta orang Pakistan, telah merencanakan untuk memperluas kuil sebagai bagian dari renovasi, menurut Kepala Polisi Distrik Irfanullah Khan.

Dia mengatakan sebuah rumah yang berdekatan dengan kuil telah dibeli oleh masyarakat dan sedang direnovasi. Ia menyinggung penduduk setempat yang mengecam langkah tersebut, dengan mengatakan keputusan Mahkamah Agung tahun 2015 terkait kuil tidak akan diperluas.

Menurut para saksi, massa dipimpin oleh seorang ulama lokal dan pendukung partai Jamiat Ulema-e-Islam Pakistan.

Menteri Urusan Agama Noorul Haq Qadri menyebut serangan itu sebagai "konspirasi melawan kerukunan sektarian". Penyerangan ini tidak dibenarkan dalam Islam.

"Serangan terhadap tempat ibadah kelompok agama minoritas dilarang dalam Islam. Dan perlindungan kebebasan beragama minoritas adalah tanggung jawab agama, konstitusi, moral dan nasional kami,"kata Noorul dilansir dari Aljazeera, Jumat (1/1).

Perdana Menteri Imran Khan telah meyakinkan minoritas Pakistan akan keselamatan mereka. Ia mengklaim akan mengusut kasus ini hingga selesai.

“Saya ingin memperingatkan orang-orang kami bahwa siapa pun di Pakistan yang menargetkan warga non-Muslim kami atau tempat ibadah mereka akan ditangani secara ketat.  Minoritas kami adalah warga negara yang setara di negara ini, ”kata Imran Khan.

Di Karachi, ibu kota provinsi Sindh dan tempat sebagian besar umat Hindu di negara itu tinggal, lebih dari 200 orang melakukan protes di luar Mahkamah Agung, menyerukan keadilan.

“Anda harus menghormati agama orang lain.  Kami adalah orang Pakistan, dan demi Tuhan, tidak ada yang perlu memberi kami sertifikat kesetiaan, ”kata Mangla Sharma, anggota Hindu dari majelis provinsi Sindh.

Gopal Kamuany, presiden Dewan Hindu Pakistan, menuduh pihak berwenang setempat menunggu saat serangan itu terjadi.

“Dalam video penyerangan tersebut, pemerintah hanya menonton diam-diam saat massa membongkar candi.  Keadilan macam apa itu,” kata Kamuany.

Serangan itu terjadi beberapa minggu setelah Amerika Serikat menempatkan Pakistan pada daftar "negara yang memiliki perhatian khusus" untuk pelanggaran kebebasan beragama.

Pada hari Rabu, menteri hak asasi manusia Pakistan, Shireen Mazari, mengatakan pemerintah memiliki tanggung jawab untuk memastikan keselamatan dan keamanan dan tempat ibadah mereka".

 Insiden itu terjadi beberapa minggu setelah pemerintah mengizinkan warga Hindu untuk membangun kuil baru di Islamabad atas rekomendasi dewan ulama. Meskipun Muslim dan Hindu pada umumnya hidup bersama secara damai di Pakistan, ada serangan lain terhadap kuil-kuil Hindu dalam beberapa tahun terakhir. Sebagian besar minoritas Hindu Pakistan bermigrasi ke India pada tahun 1947 selama pemisahan India dan Pakistan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement