Jumat 01 Jan 2021 11:07 WIB

Peristiwa Bersejarah di Dunia Internasional Sepanjang 2020

Peristiwa tersebut dimulai dari pembunuhan Jenderal Iran hingga pandemi Covid-19

Red: Nur Aini
Sepanjang tahun 2020 berbagai peristiwa bersejarah telah menjadi perhatian dalam dunia internasional.

Pada akhir September 2020, tentara Armenia dan Azerbaikan terlibat perang bentrok di wilayah Nargorno-Karabakh. Armenia mengalami kerugian besar dalam perang melawan Azerbaijan yang berusaha mempertahankan kedaulatannya sepanjang gari pertempuran

Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan Turki akan terus mendukung Azerbaijan dengan segala kemampuannya terkait konfliknya dengan Armenia atas wilayah Karabakh yang diduduki Armenia.

Erdogan mencatat bahwa perdamaian permanen hanya dapat dicapai di wilayah tersebut "jika Armenia menarik diri dari wilayah Azerbaijan yang diduduki."

Serangan Azerbaikan yang terus melakukan perlawanan di Upper Karabakh membuat Armenia menerima gencatan senjata. Presiden Rusia Vladimir Putin pada 10 November mengumumkan bahwa Azerbaijan dan Armenia telah menandatangani kesepakatan untuk mengakhiri konflik di wilayah Upper Karabakh.

Armenia akhirnya mengakui kekalahannya dan berjanji menarik seluruh tentaranya dari wilayah Azerbaijan pada 1 Desember 2020.

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev mengumumkan tanggal 10 November, hari di mana Armenia menerima kekalahannya dan mengakhiri pertempuran selama enam minggu di wilayah Karabakh, sebagai "Hari Kemenangan."

Normalisasi negara-negara Arab dengan Israel

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/turki/peristiwa-bersejarah-di-panggung-internasional-sepanjang-2020/2094644
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement