Jumat 01 Jan 2021 20:07 WIB

Kim Jong-un Beri Surat Tahun Baru pada Rakyat Korut

Untuk pertama kalinya Kim Jong-un beri surat tahun baru untuk rakyat Korut

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Christiyaningsih
Dalam foto yang disediakan oleh pemerintah Korea Utara ini, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menghadiri pertemuan Politbiro Partai Buruh yang berkuasa di Pyongyang, Korea Utara Selasa, 29 Desember 2020.
Foto: Korean Central News Agency / Korea News Servi
Dalam foto yang disediakan oleh pemerintah Korea Utara ini, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menghadiri pertemuan Politbiro Partai Buruh yang berkuasa di Pyongyang, Korea Utara Selasa, 29 Desember 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG — Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menyampaikan salam Tahun Baru kepada warganya melalui sepucuk surat pendek, Jumat (1/1). Hal itu baru pertama dia lakukan sejak menjabat sebagai pemimpin negara tersebut.

“Saya dengan tulus berharap semua keluarga di seluruh negeri lebih bahagia dan orang-orang terkasih, kesehatan yang baik,” kata Kim dalam suratnya dikutip laman kantor berita Korea Selatan (Korsel), Yonhap.

Baca Juga

Dalam surat tersebut, Kim berjanji di tahun yang baru dia akan bekerja keras membawa awal era baru. Ia akan berupaya mewujudkan cita-cita dan keinginan rakyat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada rakyat karena selalu mempercayai dan mendukung partai kami, bahkan di masa-masa sulit. Sekali lagi berjanji bahwa saya akan selalu setia kepada rakyat yang hebat,” ujar Kim.

Itu pertama kalinya Kim mengirim surat semacam itu sejak didaulat sebagai pemimpin Korut pada akhir 2011. Itu juga menandai pertama kalinya seorang pemimpin Korut mengucapkan selamat Tahun Baru kepada rakyatnya sejak 1995.

Kim biasanya menyampaikan pidato awal tahun setiap 1 Januari. Pidato tersebut kerap menjadi gambaran tentang kebijakan-kebijakan yang bakal diambil Korut sepanjang tahun tersebut.

Namun tahun lalu Kim melewatkan pidato tersebut. Sebagai gantinya, dia menyampaikan pidato pada pertemuan Partai Buruh Korut yang diadakan akhir tahun sebelumnya. Tahun ini Kim tampaknya kembali melewatkan pidato awal tahunnya.

Para ahli menilai, apa pun yang hendak disampaikan Kim dalam pidatonya dapat mengganggu hal-hal yang hendak diumumkannya saat kongres Partai Buruh. Kongres tersebut dijadwalkan digelar pada awal Januari untuk pertama kalinya dalam empat tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement