Senin 04 Jan 2021 12:53 WIB

Vaksinasi Segera Dimulai, Jokowi Minta Tetap Disiplin Prokes

Airlangga mengatakan Jokowi mengingatkan masyarakat tetap disiplin jalankan prokes.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bayu Hermawan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Foto: Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah akan segera menjalankan program vaksinasi Covid-19 untuk seluruh masyarakat di Indonesia. Dijadwalkan program vaksinasi dimulai pada pertengahan Januari 2021 atau pekan depan.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pelaksanaan vaksinasi ini masih harus menunggu diterbitkannya Emergency Use Authorization (EUA) atau izin edar dari BPOM serta menunggu fatwa halal dari MUI. "Tadi dilaporkan bahwa pemerintah akan segera memulai untuk melakukan vaksinasi yang dijadwalkan sekitar pertengahan bulan atau minggu depan," ujar Airlangga saat konferensi pers usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (4/1).

Baca Juga

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun berpesan agar program vaksinasi ini dijalankan beriringan dengan peningkatan kedisiplinan masyarakat. Sebab, vaksinasi yang dilakukan terhadap 182 juta penduduk masih membutuhkan waktu yang cukup lama.

"Dan tentu diharapkan vaksinasi ini bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat namun tidak boleh melupakan kedisiplinan. Dengan vaksinasi, disiplin tetap perlu karena Covid-19 masih ada di global," jelasnya.

Untuk diketahui, program vaksinasi untuk seluruh masyarakat Indonesia ini akan dilakukan dalam dua tahap selama 15 bulan. Tahap pertama yakni akan dilaksanakan pada Januari hingga April 2021 kepada 1,3 juta tenaga kesehatan dan 17,4 juta petugas publik di seluruh daerah. Kemudian tahap kedua akan digelar dari April 2021 hingga Maret 2022 kepada masyarakat lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement