Rabu 06 Jan 2021 18:56 WIB

Keyakinan Rossi atas Mesin Baru Yamaha untuk Musim 2021 

Mesin M1 2020 banyak menuai kritik.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Valentino Rossi dan motor M1 Yamaha.
Foto: EPA-EFE/PASQUALE BOVE
Valentino Rossi dan motor M1 Yamaha.

REPUBLIKA.CO.ID, MODENA -- Valentino Rossi bersikeras bahwa Yamaha dapat meningkatkan performa mesin MotoGP untuk tahun 2021, meskipun saat ini ada pembekuan di sebagian besar area desain mesin. Untuk membantu membatasi biaya dalam menanggapi pandemi Covid-19 MotoGP mengumumkan bahwa larangan pengembangan mesin pada musim yang biasa akan diperpanjang.

Artinya, sebagian besar tim harus menggunakan desain mesin yang sama dari awal musim 2020 hingga akhir musim balap 2021.

Satu-satunya pengecualian adalah Aprilia dan KTM, yang keduanya dimulai musim lalu yang memenuhi syarat untuk paket konsesi teknis.

Aprilia akan diizinkan untuk mengembangkan mesinnya seperti biasa sepanjang tahun 2021, sementara KTM - yang kehilangan Konsesi selama tahun lalu - dapat memodifikasi desainnya hingga awal musim ini, sebagian untuk memastikan siap menghadapi pengurangan perubahan mesin.

Namun, Yamaha yang berada di bawah tekanan terbesar dalam hal mesin. Pabrikan berlambang trisula garpu tala itu mengalami masalah dengan katup yang rusak pada awal musim lalu. Pada gilirannya, terungkap bahwa pabrik telah melanggar aturan homologasi dengan memiliki katup yang dibuat oleh dua pemasok berbeda.

Delapan mesin yang dilengkapi dengan katup dari pemasok yang berbeda dengan yang ada di pembangkit listrik sampel M1 yang disediakan untuk kontrol teknis diparkir oleh Yamaha untuk sebagian besar musim.

Namun sebagai hasilnya, para pembalap Yamaha menghabiskan sebagian besar musim dengan berputar di antara tiga dari lima mesin mereka yang tersedia. Itu semua harus 'disetel' untuk memenuhi jarak tempuh yang diperpanjang, beberapa di antaranya mencapai 3.000 km.

Kabar baiknya adalah bahwa pabrikan tidak mengalami kegagalan lebih lanjut setelah balapan di GP Jerez dengan asumsi cukup katup yang ada di mesin sampel masih tersedia, jajaran lengkap perubahan mesin akan tersedia untuk pengendara pada tahun 2021, yang berarti putaran maksimum  dapat kembali ke level semula.

Maka itu, dengan sendirinya akan memberikan peningkatan kinerja, tetapi dengan keempat M1 sudah bersama paling lambat melalui speed trap selama kualifikasi di pembuka musim Jerez (seri pada 284,9 km / jam), mereka masih cenderung lemah di lintasan lurus.

Atas dasar hal itu, Rossi yakin performa mesin ekstra harus ditemukan dengan bekerja di area yang tidak terjangkau oleh pembekuan.

"Mesinnya macet tapi itu bukan alasan..  Maksud saya, di MotoGP sekarang Anda bisa membuat banyak hal seputar mesin untuk meningkatkan performa. Dari sisi elektronik, dari cara (mendinginkan) mesin dengan menjaga suhu mesin tetap rendah," kata Rossi dikutip dari Crash, Rabu (6/1).

"Saya harus bekerja keras untuk diri saya sendiri," kata Rossi, yang menyelesaikan kariernya di urutan ke-15 terburuk di kejuaraan dunia setelah absen dua balapan karena virus corona.  "Kami harus meningkatkan beberapa area seperti kualifikasi, yang sangat penting sekarang," kata dia menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement