Senin 11 Jan 2021 09:35 WIB

Dua Senator Republik Pilih Desak Trump Mundur

Trump dinilai bertanggung jawab atas serangan pendukungnya ke Capitol Hill.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Donald Trump
Foto: AP Photo/Evan Vucci
Presiden Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Senator dari Partai Republik telah meminta Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, untuk mengundurkan diri. Trump dapat menghadapi pertanggungjawaban pidana setelah mematikan penyerangan di Gedung Capitol oleh para pendukungnya.

"Saya pikir cara terbaik bagi negara kita adalah presiden mengundurkan diri dan pergi secepat mungkin," kata Senator Pat Toomey kepada NBC.

Baca Juga

Toomey menjadi Senator Republik kedua yang meminta Trump untuk meninggalkan jabatannya tersebut. Sebelumnya, Lisa Murkowski menjadi senator Republik pertama yang mengatakan Trump harus segera mengundurkan diri pada Jumat (7/1).

Tidak jelas sikap sejumlah besar Republikan lainnya akan mengikuti untuk mendorong hal yang sama. Namun, para pemimpin Republik telah mendesak House of Representatives yang dipimpin Demokrat untuk tidak memulai proses pemakzulan untuk kedua kalinya kepada Trump.

House bersiap untuk bergerak maju dengan proses pemakzulan pada Senin (11/1). Langkah ini menjadi bersejarah bagi AS dengan pengajuan pemakzulan dalam satu periode kepemimpinan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement