Senin 11 Jan 2021 09:35 WIB

Dua Senator Republik Pilih Desak Trump Mundur

Trump dinilai bertanggung jawab atas serangan pendukungnya ke Capitol Hill.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Donald Trump
Foto:

Selain isu dorongan untuk mundur dan pemakzulan, beberapa anggota Republik penggunaan Amandemen ke-25 untuk menyingkirkan Trump. Amandemen ke-25 merupakan ketentuan konstitusional yang memungkinkan kabinet Trump dan wakil presiden untuk mencopotnya dari jabatan jika mereka menganggapnya tidak dapat melakukan tugas. Hanya saja,  Wakil Presiden Mike Pence mengatakan menentang gagasan untuk meminta Amandemen ke-25

Toomey mengatakan, tidak berpikir pemakzulan dapat dilakukan dengan hanya 10 hari tersisa dalam masa jabatan Trump. Dia  mencatat tampaknya tidak ada konsensus untuk menggunakan Amandemen Konstitusi ke-25 untuk melucuti kekuasaan Trump. Dia mengatakan yakin Trump dapat dimintai pertanggungjawaban pidana dalam acara di Capitol.

Trump dari Partai Republik telah menantang validitas kemenangan pemilihan Presiden terpilih Joe Biden pada 3 November. Dia diketahui memuji dan menyemangati para pendukungnya sebelum mereka mengepung Capitol, tempat anggota parlemen mengesahkan suara Electoral College untuk Biden pada pekan lalu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement