Selasa 12 Jan 2021 16:15 WIB

LIPI: Varian Baru Corona Jepang Belum Terbukti Mematikan

Varian baru corona belum terbukti dapat meningkatkan tingkat keparahan Covid-19.

Virus corona tipe baru penyebab Covid-19 (Ilustrasi). Virus corona yang telah bermutasi ditemukan di Inggris, Afrika Selatan, dan Jepang.
Foto: CDC via AP
Virus corona tipe baru penyebab Covid-19 (Ilustrasi). Virus corona yang telah bermutasi ditemukan di Inggris, Afrika Selatan, dan Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Laboratorium Rekayasa Genetika Terapan dan Protein Desain Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wien Kusharyoto mengatakan, varian baru dari virus corona penyebab Covid-19 yang ditemukan di Jepang belum terbukti lebih mematikan dari varian-varian sebelumnya. Wien menuturkan bahwa varian dari Jepang tersebut memiliki 12 mutasi pada spike protein.

Ada tiga mutasi yang serupa atau sama dengan mutasi pada varian virus dari Afrika Selatan K417T (K417N pada varian virus dari Afrika Selatan), E484K, dan N501Y. Mutasi N501Y juga terdapat pada varian B.1.1.7 dari Inggris, namun delesi asam amino 69 dan 70 yang terdapat pada varian dari Inggris tidak terdapat pada varian dari Afrika Selatan maupun Jepang.

Baca Juga

"Varian-varian ini belum terbukti lebih mematikan maupun dapat meningkatkan tingkat keparahan penyakit Covid-19," ujar Wien kepada Antara, Jakarta, Selasa.

Wien menuturkan karena varian-varian tersebut diperkirakan lebih mudah menginfeksi sel, kandungan virus pada seseorang yang terinfeksi dapat lebih tinggi, sehingga varian-varian itu lebih mudah ditularkan dan menyebar ke orang lain. Mengingat varian-varian tersebut lebih mudah ditularkan, kemungkinan seseorang tertular juga semakin tinggi, termasuk mereka dengan kondisi imun yang lemah dan memiliki komorbiditas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement