Senin 18 Jan 2021 15:56 WIB

India Laporkan Lebih dari 400 Kasus Efek Samping Vaksin

Sebagian besar efek samping vaksin Covid-19 merupakan gejala ringan

Red: Nur Aini
Seorang pekerja kesehatan memberikan vaksin Covid-19 di sebuah Rumah Sakit di New Delhi, India, Sabtu, 16 Januari 2021. India mulai menyuntik petugas kesehatan pada Sabtu dalam kampanye vaksinasi Covid-19 terbesar di dunia.
Foto:

Hari kedua program vaksinasi Covid-19 nasional dilakukan dengan 553 sesi di enam negara bagian.

AEFI merupakan kejadian medis yang tidak terduga setelah imunisasi, yang mungkin tidak ada hubungannya dengan vaksin atau proses vaksinasi. Protokol tersedia untuk pelaporan, manajemen kasus langsung di lokasi sesi vaksinasi, transportasi dan rawat inap serta perawatan lebih lanjut dari kasus-kasus demikian.

Menurut pejabat Kementerian Kesehatan, protokol juga tersaji untuk penyelidikan sistematis dan evaluasi kausalitas kasus AEFI serius.

Seluruh negara bagian India diimbau untuk merencanakan sesi vaksinasi Covid-19 empat hari dalam sepekan guna meminimalisasi gangguan terhadap layanan kesehatan reguler. Sejumlah negara bagian di India telah memublikasi hari vaksinasi mingguan mereka.

Dua jenis vaksin Covid-19 dipasok untuk program imunisasi. Sementara, vaksin "Covishield", buatan Serum Institute of India, dipasok untuk seluruh negara bagian India dan vaksin "Covaxin" produksi Bharat Biotech International Limited, dipasok ke 12 negara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement