Jumat 22 Jan 2021 16:08 WIB

Atasi Covid, Joe Biden Terapkan Aturan Ketat di Gedung Putih

Langkah Biden dinilai berbanding terbalik dengan Trump.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
 Presiden Joe Biden berbicara tentang virus corona di Ruang Makan Negara Gedung Putih, Kamis, 21 Januari 2021, di Washington.
Foto:

Perintah eksekutif memungkinkan kepala lembaga membuat pengecualian kasus per kasus. Contohnya seperti Psaki yang tetap memakai masker sampai dia naik ke podium untuk memberikan pengarahan.

Selain itu, pejabat yang berhubungan dekat dengan Biden mengenakan gelang untuk menandakan bahwa mereka telah diuji hari itu. Setiap acara dengan presiden dirancang dengan cermat untuk menjaga jarak, dengan potongan kertas ditempel di karpet untuk menunjukkan orang-orang harus berdiri.

Ketika Biden bertemu dengan tim Covid di tempat perjamuan makan kenegaraan pada Kamis (21/1), lima orang di ruangan itu duduk di meja yang ditempatkan setidaknya enam kaki terpisah. Sedangkan terdapat empat orang lainnya bergabung dengan Zoom.

Pembatas kaca plexiglass telah dipasang di beberapa meja yang berada di area terbuka. Tim Biden sudah memiliki program pelacakan kontak yang kuat yang disiapkan selama transisi.

Gedung Putih dalam masa Trump adalah cerita lain. Ada anjuran untuk mengenakan masker. Hanya saja Trump menjelaskan kepada para pembantunya bahwa dia tidak menyukai visual orang-orang di sekitarnya yang mengenakan masker.

Gedung Putih ketika itu mengurangi kapasitas staf selama hari-hari awal pandemi, tetapi pada akhir musim semi, para pembantu Trump dengan cepat melanjutkan operasi normal. Hanya setelah Trump dinyatakan positif,beberapa asisten mulai mengatur jadwal kerja untuk memberikan jarak.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement