Ahad 24 Jan 2021 19:25 WIB

Akankah Nasib Netanyahu Seperti Trump di Pemilu Israel?

Netanyahu menghadapi pengadilan korupsi dan perpecahan partai

Red: Nur Aini
Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menghadapi pertarungan yang sulit di tengah perpecahan di dalam partai sayap kanannya, Likud.

Saat partai-partai sentris dan sayap kiri tidak menimbulkan ancaman serius terhadap peluang Netanyahu untuk terpilih kembali. Rencana Netanyahu untuk membentuk koalisi partai-partai sayap kanan juga menghadapi ketidakpastian di tengah perpecahan yang ada. Sa'ar dan Bennett, pemimpin dari dua partai penantang Partai Likud, mengumumkan rencana koalisi untuk membentuk pemerintahan baru.

Sementara Avigdor Lieberman, pemimpin partai Israel Our Home, berjanji tidak mendukung pemerintah yang dipimpin Netanyahu.

Menurut jurnalis Israel Yoni Ben Menachem, persaingan antara partai-partai sayap kanan akan memecah belah mereka sekaligus melemahkan posisi Netanyahu.

"Netanyahu berusaha membentuk koalisi 61 kursi di Knesset sehingga dia dapat mengesahkan hukum Prancis yang memberinya kekebalan dari penuntutan selama menjabat," kata Ben Menachem.

"Jajak pendapat di Israel menunjukkan bahwa sulit bagi Netanyahu untuk mendapatkan 61 kursi, karena Sa'ar mengumumkan bahwa dia tidak akan bergabung dengan pemerintah Netanyahu,” lanjut dia.

Netanyahu menghadapi tuntutan pidana dari Pengadilan Pusat Israel di Yerusalem Timur atas tuduhan penyuapan, penipuan, dan pelanggaran kepercayaan.

Saat ini, Netanyahu mendapat dukungan dari partai sayap kanan Shas dan United Torah Yudaism dan berharap dapat membujuk Partai New Right untuk bergabung dengan koalisinya guna membentuk pemerintahan.

Meskipun ada kemungkinan partai-partai oposisi membentuk koalisi untuk mencegah hal ini terjadi, Ben Menachem mencatat bahwa perbedaan ideologis antara partai-partai Yahudi sayap kanan, sentris, dan sayap kiri, dan Joint List Arab membuat kemungkinan itu masih sulit terjadi

"Memang benar bahwa ada orang-orang di Israel yang menginginkan Netanyahu bernasib sama dengan Trump - kalah dalam pemilihan mendatang - tetapi masih terlalu dini untuk membuat kesimpulan [seperti itu]," kata Ben Menachem.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/akankah-netanyahu-mengalami-nasib-seperti-trump-di-pemilu-israel/2118979
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement