Kamis 18 Feb 2021 15:18 WIB

Menteri Olimpiade Jepang Mengundurkan Diri dari Kabinet

Hashimoto merupakan kandidat presiden Olimpiade Tokyo 2020

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Seiko Hashimoto
Foto: EPA-EFE/Du Xiaoyi
Seiko Hashimoto

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Menteri Olimpiade Jepang Seiko Hashimoto mengundurkan diri kabinet. Hashimoto yang merupakan kandidat presiden Olimpiade Tokyo 2020, telah melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Yoshihide Suga sebelum mengumumkan pengunduran dirinya.

"Saya mengajukan pengunduran diri saya sebagai menteri Olimpiade kepada perdana menteri karena saya terpilih sebagai calon ketua komite Olimpiade Tokyo," kata Hashimoto.

Baca Juga

Hashimoto mengatakan, Perdana Menteri Suga telah mendorongnya untuk mensukseskan Olimpiade. Namun, ketika itu dia tidak berkomentar hingga rapat dewan eksekutif Olimpiade Tokyo 2020. Suga kemungkinan akan menunjuk Tamayo Marukawa untuk menggantikan Hashimoto. 

Marukawa adalah mantan penyiar televisi dan anggota parlemen dari partai yang berkuasa. Dia sebelumnya adalah menteri olimpiade untuk masa jabatan 2016-2017. 

Sebelumnya, Yoshiro Mori mengundurkan diri sebagai ketua panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 setelah melontarkan pernyataan dengan nada seksisme dan mengundang kontroversi. Mori mengatakan, keterlibatan banyak perempuan bisa memakan waktu karena semua akan meminta kesempatan berbicara.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement