Selasa 23 Feb 2021 19:31 WIB

India Ingin Berdagang dengan China Meski Bersengketa

China menjadi mitra dagang terbesar India

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Bendera India (Ilustrasi).
Foto:

Kemunculan kembali China sebagai mitra dagang terbesar India terjadi meskipun pemerintah Modi berupaya untuk menarik hubungan komersial dengan tetangga timur. Upaya itu dipandang sebagai pembalasan New Delhi atas kebuntuan perbatasan yang sedang berlangsung yang dimulai pada Mei tahun lalu.

India telah melarang lebih dari 200 aplikasi China, termasuk aplikasi perpesanan WeChat dan aplikasi video pendek TikTok. Aturan itu diberlakukan sejak awal pertarungan antara pasukan militer kedua negara di wilayah timur Ladakh.

Pada April tahun lalu, pemerintah juga mengamandemen aturan Penanaman Modal Asing (FDI) untuk mewajibkan masuknya uang dari Cina untuk mendapatkan persetujuan sebelumnya dari pemerintah India. Beijing menjuluki kebijakan FDI baru New Delhi sebagai diskriminatif  dengan alasan bahwa itu bertentangan dengan prinsip-prinsip Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement