Ahad 14 Mar 2021 03:35 WIB

Kisah di Balik Foto Paling Ikonik Albert Einstein

Saat Sang Profesor Julurkan Lidah: Kisah di Balik Foto Paling Ikonik Einstein

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
Saat Sang Profesor Julurkan Lidah: Kisah di Balik Foto Paling Ikonik Einstein
Saat Sang Profesor Julurkan Lidah: Kisah di Balik Foto Paling Ikonik Einstein

Saat itu tanggal 14 Maret 1951, hari Albert Einstein tepat berulang tahun ke-72. Fisikawan terkenal yang lahir di kota Ulm, di selatan Jerman ini telah tinggal di Amerika Serikat selama bertahun-tahun. Saat itu, dia bekerja di Institute for Advanced Study di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat. Perayaan ulang tahun diadakan di pusat penelitian itu untuk menghormatinya.

Sementara di luar gedung, para paparazzi bersembunyi dan berharap dapat mendengar salah satu sindiran cerdas profesor paling terkenal di dunia itu mengenai situasi politik global. Selain itu, tentu saja untuk mengambil gambar yang sempurna di hari ulang tahunnya.

Baca Juga

Dikenal bukan sebagai penggemar hiruk-pikuk media, dan semakin bosan menjadi juru bicara, hari itu Einstein merasa kesal dengan kehadiran paparazzi. Namun kenyataannya, saat itu dia ada di sana, terjebak di kursi belakang limusin, terjepit di antara mantan direktur institut penelitian, Frank Aydelotte, dan istrinya, Marie. Allbert Einstein pun tidak dapat melepaskan diri dari kilatan bohlam para fotografer.

"Cukup sudah, cukup ..." teriaknya berulang kali ke arah kerumunan yang terus memaksa mengambil gambarnya. "Hei, Profesor, ayo senyum untuk foto ulang tahun," teriak seseorang di antara mereka.

Sebagai isyarat bahwa dirinya sedang kesal, Einstein yang terkenal berjiwa bebas dan sering bertindak tidak konvensional ini menjulurkan lidah ke para pengejarnya - momen ini segera ditangkap oleh fotografer Arthur Sasse.

Gambar tersebut dengan cepat beredar ke seluruh dunia, menjadi gambar yang ikonik.

Foto hasil editan Einstein

Profesor linglung dengan rambut acak-acakan, dan sering lupa memakai kaus kaki ini adalah pemikir paling cemerlang di dunia. Ia digadang menjadi sosok mitos sepanjang hidupnya. Foto nakal itu kemudian membuatnya menyandang status sebagai ikon budaya pop.

Namun, bukan fotografernya yang membuat foto tersebut tenar ke seluruh dunia, tetapi Einstein sendiri. Dia memesan banyak cetakan foto itu dan memotongnya sehingga pasangan Aydelotte tidak lagi terlihat di foto. Einstein kemudian mengirimkan puluhan foto yang telah diedit itu ke rekan, teman, dan kenalannya.

"Lidah yang terjulur mencerminkan pandangan politik saya," tulisnya kepada seorang kawan bernama Johanna Fantova. Pada tahun 2009, salinan asli foto yang ia tanda tangani berhasil terjual dalam lelang dengan harga 74.324 dolar AS (sekitar Rp 1 miliar), dan menjadikannya sebagai foto orang jenius termahal yang pernah ada.

Kebodohan manusia "tidak berbatas"

Lahir sebagai orang Yahudi, Einstein telah melarikan diri dari Nazi Jerman dan tahu bagaimana rasanya menjadi subjek perburuan yang dipimpin pemerintah. Karena itu, dia tidak memaafkan Perang Dingin dan perburuan orang-orang yang dituduh komunis oleh Senator John McCarthy, di mana banyak politisi, intelektual, dan seniman dituduh "bukan orang Amerika".

Einstein banyak bicara tentang kebodohan manusia yang semacam ini. "Hukum orang bodoh tidak dapat diatasi karena jumlah mereka begitu banyak, dan suara mereka sama pentingnya dengan suara kita" demikian bunyi kutipan Einstein yang diterjemahkan dari bahasa Jerman. "Ada dua hal yang tidak terbatas: alam semesta dan kebodohan manusia. Tapi saya tidak begitu yakin tentang alam semesta," kata profesor itu.

Einstein menghadapi kebodohan ini dengan kejeniusan - dan sedikit humor. Sejak dijepret pada hari ulang tahun Einstein di tahun 1951, foto dirinya yang tengah menjulurkan lidah telah direproduksi jutaan kali. Kini foto itu dicetak di poster dan kaus oblong, kartu ucapan, mug, dan mural. Dan bahkan hari ini, beberapa dekade setelah kematiannya, pemikir revolusioner dan profesor jenius ini masih memiliki banyak penggemar, dari kaum muda hingga generasi senior. (ae/yp)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement