Jumat 19 Mar 2021 16:06 WIB

Jenderal Pakistan ke India: Mari Kubur Masa Lalu

India dan Pakistan sama-sama menguasai sebagian wilayah Kashmir.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Orang-orang membakar patung Perdana Menteri India Narendra Modi dan bendera India selama protes untuk menunjukkan solidaritas dengan warga Kashmir yang tinggal di Kashmir yang dikelola oleh India pada Hari Hak Asasi Manusia Internasional di Hyderabad, Pakistan, 10 Desember 2020. Demonstran menuntut diakhirinya pemerintahan India di wilayah dan penyelesaian sengketa sesuai dengan keinginan Kashmir dan resolusi PBB. Kashmir, wilayah Himalaya yang mayoritas Muslim yang terbagi antara dua tetangga bersenjata nuklir, telah memicu dua perang di antara mereka sejak kemerdekaan mereka dari Inggris pada tahun 1947.
Foto:

Militer kedua negara merilis pernyataan bersama yang jarang terjadi pada 25 Februari, mengumumkan gencatan senjata di sepanjang perbatasan yang disengketakan di Kashmir, setelah baku tembak ratusan kali dalam beberapa bulan terakhir.

Amerika Serikat segera menyambut baik langkah tersebut, dan mendorong keduanya untuk terus membangun kemajuan. Bajwa mengatakan Pakistan memiliki harapan dalam bentuk pemerintahan baru Presiden Joe Biden yang menurutnya dapat membantu memfasilitasi perdamaian di kawasan itu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement