Kamis 15 Apr 2021 22:51 WIB

India-Pakistan Dilaporkan Gelar Rapat Rahasia Bahas Kashmir

India dan Pakistan bersitegang terkait dengan status Kashmir

Rep: Ferginadira/ Red: Nashih Nashrullah
India dan Pakistan bersitegang terkait dengan status Kashmir. Bendera India dan Pakistan
Foto: freepresskashmir.com
India dan Pakistan bersitegang terkait dengan status Kashmir. Bendera India dan Pakistan

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI— Perwira tinggi intelijen dari India dan Pakistan dilaporkan mengadakan pembicaraan rahasia di Dubai pada Januari lalu soal Kashmir. Hal ini adalah upaya baru untuk menenangkan ketegangan militer atas wilayah Kashmir yang disengketakan.

Kedua negara telah membuka kembali jalur belakang diplomasi yang bertujuan membentuk peta jalan sederhana untuk normalisasi hubungan selama beberapa bulan ke depan. Hal itu diungkapkan oleh beberapa sumber yang mengetahui tentang pertemuan itu dengan syarat tidak menyebutkan identitasnya.

Baca Juga

Menurut dua sumber, pejabat dari Research and Analysis Wing India, agen mata-mata eksternal, dan Intelijen Antar-Layanan (ISI) Pakistan melakukan perjalanan ke Dubai untuk pertemuan yang difasilitasi pemerintah Uni Emirat Arab. Namun Kementerian Luar Negeri India tidak menanggapi permintaan komentar. Militer Pakistan, yang mengontrol ISI, juga tidak menanggapi. 

Seorang analis pertahanan Pakistan, Ayesha Siddiqa, mengatakan dia yakin pejabat intelijen India dan Pakistan telah bertemu selama beberapa bulan di negara ketiga. "Saya pikir telah ada pertemuan di Thailand, di Dubai, di London antara orang-orang dengan level tertinggi," katanya. 

Pertemuan semacam itu telah terjadi di masa lalu juga, terutama selama masa krisis, namun tidak pernah diumumkan secara terbuka. "Ada banyak hal yang masih bisa salah, itu penuh," kata salah satu orang di Delhi. Itulah mengapa tidak ada yang membicarakannya di depan umum, kami bahkan tidak punya nama untuk ini, ini bukan proses perdamaian. Anda bisa menyebutnya re-engagement," kata salah satu sumber.

Kedua negara memiliki alasan untuk mengupayakan pemulihan hubungan. India telah terkunci dalam kebuntuan perbatasan dengan China sejak tahun lalu dan tidak ingin militer meregang di front Pakistan.

Setelah pertemuan Januari, India dan Pakistan mengumumkan akan menghentikan penembakan lintas batas di sepanjang Garis Kontrol (LoC) yang membagi Kashmir. Itu telah menyebabkan puluhan warga sipil tewas dan banyak lainnya cacat. Gencatan senjata itu berlaku. 

Kedua belah pihak juga telah mengisyaratkan rencana untuk mengadakan pemilihan di sisi mereka di Kashmir tahun ini sebagai bagian dari upaya untuk membawa keadaan normal ke wilayah yang tercabik oleh pertumpahan darah selama beberapa dekade. Keduanya juga setuju untuk menghentikan retorika mereka.

Ini termasuk Pakistan yang mencabut keberatan kerasnya terhadap langkah Perdana Menteri India Narendra Modi yang mencabut otonomi Kashmir pada Agustus 2019. Sementara Delhi pada gilirannya akan menahan diri untuk tidak menyalahkan Pakistan atas semua kekerasan di sisi Garis Kontrolnya.

Detail ini belum pernah dilaporkan sebelumnya. India telah lama menyalahkan Pakistan atas pemberontakan di Kashmir, namun tuduhan itu selalu dibantah Pakistan.

"Ada pengakuan akan ada serangan di dalam Kashmir, telah ada diskusi tentang bagaimana menanganinya dan tidak membiarkan upaya ini tergelincir oleh serangan berikutnya," kata salah satu orang sumber.

Namun, belum ada rencana besar untuk menyelesaikan sengketa Kashmir yang telah berlangsung selama 74 tahun itu. Sebaliknya, kedua belah pihak berusaha mengurangi ketegangan untuk membuka jalan bagi keterlibatan yang luas. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement