Selasa 27 Apr 2021 14:14 WIB

Lokasi yang tak Disinggahi Malaikat Saat Lailatul Qadar

Malaikat akan turun ke dunia saat Lailatul Qadar malam hari Ramadhan

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah
Malaikat akan turun ke dunia saat Lailatul Qadar malam hari Ramadhan. Ilustrasi malam lailatul qadar
Foto: Republika
Malaikat akan turun ke dunia saat Lailatul Qadar malam hari Ramadhan. Ilustrasi malam lailatul qadar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Malaikat Jibril memimpin iring-iringan malaikat turun ke bumi mencari dan meyapa orang orang yang sibuk beribadah di malam Lailatul Qadar. 

Syekh Abdul Qadir Al Jailani dalam kitabnya Al-Ghunyah menerangkan, tentang Jibril yang memimpin iring-iringan malaikat, sebagai berikut. 

Baca Juga

"Artinya para malaikat berpencar menuju rumah-rumah besar atau kecil di hutan atau di atas kapal, di mana saja orang yang beriman berada untuk kemudian mereka mengucapkan salam serta berjabat tangan dengannya," katanya.

Namun para malaikat tidak mengunjungi rumah-rumah yang didalamnya terdapat anjing atau babi, atau karena perbuatan haram dan gambar makhluk hidup. Banyak kaum Muslimin yang sengaja memasang gambar-gambar sebagai hiasan di rumahnya. "Sehingga mereka terhalang dari mendapatkan nikmat dan rahmat yang besar ini," katanya.

Terkadang hanya seorang saja yang memasang gambar itu pemandangan menyebabkan malaikat Rahmat terhalang memasuki rumahnnya Sehingga seluruh penghuni rumah itu juga terhalang dari rahmatnya. 

Bahkan kata Syekh Zakariyya, Syekh Ibrahim bin Adham, bahkan tidak tidur sama sekali pada bulan Ramadan, baik pada siang maupun malam hari. Imam Syafi'I, bisa menghatamkan Alquran 60 kali selama bulan Ramadhan dalam sholat.  "Selain mereka masih banyak cerita para waliyullah seperti ini," katanya.

Tujuannya, mereka mengamalkan amalan itu adalah bagian dari perintah Allah di dalam Alquran surat Adz Dzaariyat ayat 56: 

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ Dan tidaklah Aku jadikan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku." 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement