Rabu 28 Apr 2021 10:06 WIB

Spanyol Minta Israel Perbaiki Kondisi Penjara Bagi Warganya

Warga Spanyol Ruiz sudah ditahan selama hampir dua pekan oleh Israel tanpa dakwaan.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Bendera Spanyol
Bendera Spanyol

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pemerintah Spanyol meminta Israel memperbaiki kondisi penjara warga mereka Juana Ruiz. Menteri Luar Negeri Spanyol Arancha Gonzalez Laya mengatakan Ruiz sudah ditahan selama hampir dua pekan tanpa dakwaan.

"Kami sedang melakukan dialog intensif dengan pihak berwenang Israel mengenai kasus ini," kata Laya dalam konferensi pers usia rapat kabinet mingguan, Selasa (27/4).

Baca Juga

Ia menambahkan, kementeriannya akan terus memberikan dukungan terbaik sebisa mungkin. "Kami berharap penyelidikan segera selesai sehingga warga ini dapat mengetahui apa yang dituduhkan padanya, bila ia dituduh melakukan sesuatu," tambah Laya.

Juana Ruiz Sánchez tinggal di Tepi Barat dan sudah ditahan selama dua pekan. Ia diperkirakan akan ditahan selama satu pekan lalu untuk diinterogasi sampai sidang pengadilan militer selanjutnya yang dijadwalkan 2 Mei.

Proses penyelidikan mengenai kasusnya masih belum selesai. Selama puluhan tahun ia adalah koordinator proyek untuk Health Work Committee, organisasi non-pemerintah Palestina yang bergerak membantu orang-orang yang memiliki masalah kesehatan.

Ia tidak memiliki catatan kriminal dan belum pernah ditahan pihak berwenang Israel sebelumnya. Ruiz ditangkap di kediamannya di Israel pada 13 April lalu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement