Rabu 05 May 2021 19:21 WIB

Delegasi India yang Hadiri Pertemuan G7 Positif Covid-19

Seluruh delegasi India mengisolasi diri dan mengikuti pertemuan secara virtual.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Suasana pertemuan para menlu negara G7 di Lancaster House, London pada Selasa (4/5)
Foto: EPA/Andy Rain
Suasana pertemuan para menlu negara G7 di Lancaster House, London pada Selasa (4/5)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pertemuan para menteri luar negeri yang tergabung dalam kelompok negara G7 di London, dilanda ketakutan Covid-19. Pada Rabu (5/5) menteri luar negeri India dan seluruh timnya mengatakan, mereka mengisolasi diri setelah dua anggota delegasi mereka dinyatakan positif Covid-19

Inggris menjadi tuan rumah pertemuan G7 selama tiga hari. Pertemuan ini dinilai sebagai kesempatan untuk memulai kembali diplomasi tatap muka, dan kesempatan bagi Barat untuk menunjukkan persatuan melawan ancaman dari China dan Rusia.

Baca Juga

India menghadiri pertemuan G7 sebagai tamu. India dijadwalkan mengikuti pertemuan pada Selasa (4/5) malam dan Rabu. "Kami mendapatkan informasi kemarin malam tentang kemungkinan kasus positif Covid-19," kata Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar di Twitter.

"Sebagai tindakan kehati-hatian dan juga untuk mempertimbangkan (kesehatan) orang lain, saya memutuskan untuk melakukan pertemuan secara virtual. Itu juga akan terjadi pada Pertemuan G7 hari ini," ujar Jaishankar.

Seorang pejabat Inggris mengonfirmasi dua tes positif dari delegasi India. Pejabat itu mengatakan, seluruh delegasi India telah mengisolasi diri.  Berdasarkan peraturan Pemerintah Inggris, mereka harus isolasi diri selama 10 hari.

Secara fisik, delegasi India belum menginjakkan kaki di tempat pertemuan puncak utama di Lancaster House, sehingga pertemuan yang dijadwalkan pada Rabu berjalan sesuai rencana. Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab terlihat menyapa dengan anggota G7 lainnya saat mereka tiba di tempat tersebut.

"Kami sangat menyesalkan Jaishankar tidak dapat menghadiri pertemuan hari ini secara langsung. Inilah mengapa kami menerapkan protokol Covid-19 yang ketat dan pengujian harian," kata seorang diplomat senior Inggris.

Pada Selasa, foto-foto dari dalam gedung konferensi Lancaster House yang megah menunjukkan realitas diplomasi di era virus corona. Tempat duduk para delegasi disekat oleh layar plastik, dan bersama para menteri dilakukan dengan menjaga jarak dua meter satu sama lain.

Jaishankar bertemu dengan Menteri Dalam Negeri Inggris Priti Patel pada Selasa. Namun Patel tidak harus mengisolasi diri karena pertemuan tersebut telah diadakan sesuai dengan protokol kesehatan.

India bukan anggota G7 tetapi diundang oleh Inggris ke pertemuan minggu ini, bersama dengan Australia, Afrika Selatan dan Korea Selatan. Komisi Tinggi India di London tidak menanggapi permintaan komentar.

Pertemuan tersebut merupakan pendahulu, sebelum Konferensi Tingkat Tinggi G7 yang akan berlangsung di sebuah resor pedesaan Inggris pada Juni mendatang. KTT G7 akan dihadiri oleh Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin dunia lainnya. Ri

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement