Ahad 09 May 2021 12:23 WIB

Jalur KA Barang Cile-Bolivia Kembali Dibuka Setelah 16 Tahun

Rute kereta barang Cile-Bolivia ditutup sejak jalur kereta api tenggelam oleh banjir.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi rel kereta api.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ilustrasi rel kereta api.

REPUBLIKA.CO.ID, CHARANA -- Sistem kereta api dengan rute Bolivia-Chile kembali dibangun untuk pertama kalinya dalam 16 tahun. Pembangunan jalur kereta api ini diharapkan dapat meningkatkan perdagangan regional.

Rute kereta barang tersebut telah ditutup sejak jalur kereta api tenggelam oleh banjir pada 2003. Para pejabat transportasi mengatakan, uji coba sistem kereta bi-nasional telah selesai. Dalam uji coba itu, kereta yang berangkat dari Bolivia telah mencapai tempat di dekat kota perbatasan Charana di Chile. 

Baca Juga

Sebanyak 16 gerbong berisi 410 ton gulungan besi diangkut melalui jalur kereta Ferrocarril Arica-La Paz. Uji coba ini mencakup total kilometer 616 - 205 di Chili dan 411 di Bolivia. Perjalanan pulang direncanakan dalam beberapa hari dengan pengiriman 400 ton kedelai dari kota Santa Cruz di Bolivia, dengan tujuan Peru, Ekuador, dan Kolombia.

"Kami yakin bahwa pelabuhan Arica adalah salah satu alternatif terbaik bagi Bolivia untuk mengekspor ke laut," kata Rodrigo Pinto, manajer umum salah satu operator, Perusahaan Pelabuhan Arica.

sumber : Reuters

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement