Selasa 11 May 2021 17:09 WIB

Perempuan Ini Disuntik 6 Dosis Vaksin Covid-19

Seorang perempuan disuntuk vaksin yang belum diencerkan.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Vaksin Covid 19 (ilustrasi).
Foto:

Dr Bellandi mengatakan tiap vial vaksin Pfizer-BioNTech terdiri dari enam dosis. Sebelum digunakan, tiap dosis dari vial ini akan diekstraksi dan ditempatkan pada vial berbeda di mana vaksin akan diencerkan. Dalam insiden ini, perawat tersebut menyuntikkan cairan vaksin dari vial berisi vaksin yang belum diencerkan.

"Dia berpikir bahwa pengenceran sudah dilakukan," ungkap Dr Bellandi.

Menurut Dr Bellandi, tampilan vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech yang belum dan sudah dicairkan tampak sama-sama transparan dengan kepadatan yang sama. Hal ini dinilai turut berkontribusi terhadap kesalahan pada insiden ini.

Kejadian serupa pernah terjadi pada April lalu terhadap 77 narapidana di penjara yang berlokasi di Iowa, Amerika Serikat. Para narapidana tersebut mendapatkan dosis vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech yang lebih banyak dibandingkan seharusnya.

Dalam kurun waktu satu pekan setelah menerima dosis berlebih, belasan dari narapidana tersebut dilaporkan mengalami sakit. Meski tak sampai membutuhkan perawatan di rumah sakit, belasan narapidana yang jatuh sakit tersebut tampak mengalami reaksi efek samping berat yang mungkin terjadi setelah vaksinasi, seperti nyeri badan dan demam ringan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement