Sabtu 15 May 2021 00:05 WIB

Empat Varian Covid Masuki Semua Negara di Amerika

Varian Covid-19 diketahui menyebar lebih cepat.

Mutasi varian Covid-19.
Foto: Republika
Mutasi varian Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Empat varian Covid-19 paling mengkhawatirkan terdeteksi hampir di semua negara dan kawasan Amerika. Meski lebih menular, namun tidak ada bukti bahwa varian-varian itu lebih mematikan, kata pakar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Vaksin-vaksin yang sedang disuntikkan di kawasan itu memberi perlindungan lebih terhadap varian Covid-19, kata pakar penyakit menular WHO, Jairo Mendez, melalui webinar Organisasi Kesehatan Pan Amerika (PAHO). "Yang masih belum kita ketahui adalah apakah penerima vaksin lengkap yang tidak sakit masih dapat menyebarkan virus ke yang lain. Kami musti banyak belajar," kata Mendez.

Baca Juga

Varian terbaru, varian India B1617, terdeteksi pada kasus di delapan negara Amerika, termasuk Kanada dan Amerika Serikat, katanya. Satu kasus sedang diselidiki, dan varian lainnya ditemukan pada pelancong di Panama dan Argentina yang tiba dari India atau Eropa.

Di Karibia, kasus varian India muncul di Aruba, Dutch St Maarten dan wilayah Prancis,Guadeloupe. Prevalen B117 di Inggris Raya ditemukan pada kasus yang dilaporkan di 34 negara atau wilayah di Amerika, sementara varian Covid-19 Afrika Selatan B1351 dilaporkan muncul di 17 wilayah.

Varian Manaus Brazil, yang disebut P1, sejauh ini terdeteksi di 21 negara, kata pakar WHO. "Varian-varian ini memiliki kapasitas penularan yang lebih besar, namun sejauh ini kami belum menemukan konsekuensi kolateral," kata Mendez.

Satu-satunya kekhawatiran adalah mereka menyebar dengan cepat. "Varian-varian itu dikaitkan dengan angka kematian yang meningkat karena tingginya jumlah kasus Covid-19 namun bukan karena virus bermutasi ke versi yang lebih mematikan, katanya, dilansir dari Reuters, Jumat (14/5).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement