Selasa 18 May 2021 14:32 WIB

Kantor Perwakilan Hong Kong di Taiwan Ditutup Sementara

Penutupan ini ditengarai bagian dari memanasnya hubungan China-Taiwan.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam.
Foto: EPA-EFE/JEROME FAVRE
Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam.

REPUBLIKA.CO.ID, HONG KONG--Kantor perwakilan Hong Kong di Taiwan ditutup sementara. Juru bicara pemerintah Kota Hong Kong mengatakan keputusan ini tidak berkaitan dengan lonjakan kasus infeksi virus Corona di sana.

Hubungan antara pemerintah Hong Kong yang didukung Beijing dan Taiwan menegang sejak lalu 2019. Saat itu demokrasi pro demokrasi pecah di Hong Kong.

Baca Juga

Hubungan semakin menghangat  setelah China menerapkan undang-undang keamanan nasional di Hong Kong tahun lalu dengan alasan untuk menahan gelombang unjuk rasa.

Taipei mengkritik undang-undang keamanan tersebut yang dan mendorong banyak aktivis di kota itu mengungsi. Taiwan membuka kantor cabang di Hong Kong untuk membantu warga yang ingin meninggalkan kota itu.

Tahun lalu pejabat Taiwan di Hong Kong diberitahu visa mereka tidak dapat diperbaharui kecuali mereka menandatangani dokumen yang mendukung klaim China terhadap Taiwan di bawah kebijakan 'satu Cina'.

Biro Urusan China Daratan dan Konstitusi Hong Kong mengumumkan menghentikan sementara kantor Ekonomi, Perdagangan dan Budaya Taiwan. Mereka tidak memberikan penjelasan apa pun. Mereka mengatakan bantuan warga Hong Kong di Taiwan akan dilakukan melalui telepon dan situs.

"Penangguhan ini tidak berkaitan dengan situasi pandemi di Taiwan, kami tidak dapat menyampaikan lebih lanjut," kata juru bicara pemerintah Hong Kong.

Dewan Urusan China Daratan Taiwan mengatakan mereka sedang bekerja untuk merespon masalah ini.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement