Sabtu 22 May 2021 16:15 WIB

Pakar: Klaim Israel Penduduk Asli Palestina Terbantahkan

Bangsa Yahudi bukan menjadi penduduk asli Palestina.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Warga Palestina lari dari bom suara yang dilemparkan oleh polisi Israel di depan kuil Dome of the Rock di kompleks masjid al-Aqsa di Yerusalem, Jumat (21/5), ketika gencatan senjata mulai berlaku antara Hamas dan Israel setelah perang 11 hari. .
Foto:

Karena lobinya dengan Inggris dan Prancis saat terjadi Perang Dunia I, Palestina belum diberikan. Sebab, wilayah Palestina masih di bawah Kekaisaran Ottoman. Kala itu, Sultan Abdul Hamid II menolak tawaran itu.

Sempat ditawarkan Uganda, tapi ada kekacauan terjadi di internal kaum Yahudi. Jika dilihat dari segi strategi, lokasi Palestina juga strategis. Ini juga yang menjadi pertimbangan Inggris untuk mengamankan Palestina.

Gusti menjelaskan, Zionis sebenarnya terbagi menjadi dua macam, yaitu kultural dan politik. Zionis kultural adalah gerakan spiritual yang bertujuan untuk mengembangkan agama Yahudi dan tidak menginginkan sesuatu duniawi, termasuk mendirikan suatu negara. Sementara, Zionis politik adalah ideologi sekuler yang mengeksploitasi nilai-nilai dan teks agama Yahudi untuk tujuan pragmatis.

“Mereka hanya menggunakan dalil-dalil agama untuk mendirikan kepentingan negara Israel. Target yang ingin dicapai Zionis politik adalah Yerusalem menjadi ibu kota Israel,” ucap dia.

Selain itu, Israel pun suka menggunakan simbol-simbol. Logo bintang bendernya adalah bintang David dan garis biru di bendera itu sebagai Sungai Efrat dan Sungai Nil. Tidak heran, Dataran Tinggi Golan dianeksasi karena termasuk wilayah yang diklaim sebagai Tanah yang Dijanjikan.

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement