Selasa 25 May 2021 11:58 WIB

Misteri Ribuan Jasad di Sungai Gangga

Awalnya jasad di Sungai Gangga jumlahnya hanya puluhan lalu jadi ribuan.

Foto: republika
Misteri ribuan jazad di Sungai Gangga

REPUBLIKA.CO.ID, Misteri Ribuan Jasad di Sungai Gangga

Satu per satu jasad yang mengambang atau berada di tepi Sungai Gangga diangkut petugas. Awalnya, jumlahnya hanya puluhan dan bertambah hingga ratusan, bahkan ada laporan yang menyebut sampai 2.000. Kuat dugaan jasad-jasad tersebut terkait dengan meningkatnya jumlah korban meninggal akibat virus Covid-19. Berikut jejak penemuan jasad di Sungai Gangga.

11 Mei 2021

Sedikitnya 70 jenazah telah ditarik dari tepi Sungai Gangga di negara bagian Uttar Pradesh. Kondisi jenazah menunjukkan bahwa jasad itu sudah berada di air selama 3-4 hari.

16 Mei

Laman Free Press Journal melaporkan lebih dari 2.000 jenazah telah ditemukan.

16 Mei

Pejabat Uttar Pradesh menduga kuat jasad-jasad itu terkena Covid atau penyakit lain dan sengaja dilempar ke sungai dan tak dimakamkan secara layak.

19 Mei

Polisi telah melakukan autopsi terhadap jasad yang ditemukan. Ada spekulasi jenazah itu bagian dari tradisi Jal Pravah. Praktik mengambangkan jenazah anak-anak, perempuan belum menikah, atau orang yang terkena penyakit menular atau digigit ular ke sungai.

20 Mei

The Guardian melaporkan, seorang warga menceritakan bagaimana ia harus melarungkan jasad keluarganya ke sungai karena tak bisa beli kayu bakar karena dikucilkan. Mereka dikucilkan karena diduga terpapar Covid.

Total Kasus per 20 Mei: 26.030.674 kasus

Jumlah Meninggal per 20 Mei: 291.365 jiwa

Puncak Gelombang Kedua pada 6 Mei:  414.433 kasus/hari

Rekor angka kematian pada 19 Mei:  4.529 meninggal/hari

Sumber AP/Reuters/the Guardian/BBC

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement