Senin 31 May 2021 13:10 WIB

Inggris Dukung Kebijakan Biden terkait Pajak Global

Para menteri keuangan G-7 akan bertemu di London pekan ini.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Pajak/ilustrasi
Foto: Pajak.go.id
Pajak/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kanselir Keuangan Inggris Rishi Sunak meminta pemerintah Amerika Serikat menandatangani pajak global atas perusahaan teknologi seperti Google dan Facebook Inc.

Seperti dilansir dari laman Bloomberg, Senin (31/5) dia mendesak pemerintahan Presiden Joe Biden untuk membahas pajak baru pada waktunya dalam pertemuan Kelompok Tujuh pada bulan depan. Pemerintah Amerika Serikat telah mengindikasikan pembatalan penentangannya terhadap apa yang disebut pajak teknologi dengan imbalan tarif pajak perusahaan global minimum 15 persen.

Baca Juga

“Perusahaan multinasional besar, terutama perusahaan digital, pada dasarnya mampu untuk tidak membayar pajak yang tepat di tempat yang tepat. Itu tidak adil,” kata Sunak.

Para menteri keuangan G-7 akan bertemu di London pada minggu ini untuk membahas kesepakatan yang diusulkan sebelum para kepala negara berkumpul di Cornwall antara 11 dan 13 Juni. Adapun kelompok 20 menteri kemudian bertemu di Venesia pada Juli. Kesepakatan antara 139 negara di bawah naungan Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan diantisipasi pada Oktober.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement