Sabtu 05 Jun 2021 12:25 WIB

Trump Isyaratkan akan Mencalonkan Jadi Ketua DPR AS

Sejak kalah dalam Pilpres AS 2020, Trump telah mengeluarkan sejumlah pernyataan.

Rep: Puti Almas/ Red: Nidia Zuraya
 Donald Trump.
Foto: WHITE HOUSE / HANDOUT/WHITE HOUSE
Donald Trump.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengisyaratkan dirinya mungkin dapat mencalonkan diri sebagai ketua House of Representatives atau Dewan Perwakilan untuk Kongres pada 2022. Ia mengatakan bahwa jabatan yang saat ini dipegang oleh politisi Partai Demokrat, Nancy Pelosi, tersebut cukup menarik. 

Trump mengungkapkan bahwa gagasan menjadi seorang ketua House of Representatives menarik saat berbicata dengan pembawa acara radio Wayne Allyn Root. Ia mengatakan, ide untuk mencalonkan diri di posisi ini pertama kali dilontarkan oleh mantan penasihatnya, Steve Bannon, pada Februari lalu. 

Baca Juga

“Itu sangat menarik,” ujar Trump dalam wawancara dengan Root, dilansir Sputnik, Sabtu (5/6). 

Sejak kalah dalam pemilihan presiden AS 2020, Trump telah mengeluarkan sejumlah pernyataan yang dinilai tidak jelas mengenai kariernya dalam bidang politik. Ia pernah mengisyaratkan bahwa mungkin akan kembali mencalonkan diri sebagai presiden di negara adidaya itu pada 2024. 

“Saat saya berada di Gedung Putih lagi, saya akan berbisnis dengan Mark Zuckerberg,” kata Trump berbicara tanpa memerinci kapan dirinya mungkin mengharapkan itu terjadi. 

Saat mempertimbangkan untuk menjadi seorang ketua House of Representatives, Trump harus mengambil keputusan tentang distrik di mana ia akan mencalonkan diri. Miliarder itu mungkin akan menjadi rival terberat Pelosi yang terpilih kembali sebagai ketua pada Januari lalu. 

Sejumlah pengamat politik mengatakan bahwa masa jabatan Pelosi sebagai ketua House of Representatives yang keempat mungkin akan menjadi yang terakhir. Hal ini mengingat bahwa kesepakatan yang dibuat pada 2018 antara dirinya dan kelompok progresif untuk tidak lagi mencari posisi ini lebih dari empat tahun lagi.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement