Ahad 13 Jun 2021 08:46 WIB

Kelas Menengah India Tergerus Akibat Pandemi

Perkiraan ukuran kelas menengah India bervariasi dari 200 juta hingga 600 juta.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ani Nursalikah
Kelas Menengah India Tergerus Akibat Pandemi. Seorang pria membersihkan area pusat perbelanjaan sebelum dibuka kembali setelah ditutup sejak April sebagai bagian dari langkah-langkah untuk mengekang penyebaran virus corona di New Delhi, India, Minggu, 6 Juni 2021.
Foto:

Kemajuan dalam beberapa dekade untuk pengentasan kemiskinan terancam. Pandemi mengembalikan pertumbuhan kelas menengah yang mulai tersebar luas di wilayah India. Jutaan orang berjuang mempertahankan keuntungan yang diperoleh dengan susah payah.

Pandemi memicu penurunan terburuk sejak Depresi Hebat pada 1930-an dan seiring surutnya secara bertahap, banyak ekonomi bangkit kembali. Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan global 5,6 persen untuk 2021 atau yang terbaik sejak 1973.

Ekonomi India mengalami kontraksi 7,3 persen pada tahun fiskal yang berakhir pada Maret. Kondisi memburuk dari kemerosotan yang memangkas pertumbuhan menjadi empat persen dari delapan persen dalam dua tahun sebelum pandemi melanda. Para ekonom khawatir tidak akan ada rebound yang serupa dengan yang terlihat di Amerika Serikat dan ekonomi utama lainnya.

“Virus corona adalah yang terbaru dari serangkaian pukulan yang menghantam ekonomi India dalam beberapa tahun terakhir,” kata Kepala Eksekutif di Pusat Pemantauan Ekonomi India (CMIE) Mahesh Vyas. 

Vyas menyatakan guncangan yang ditimbulkan oleh virus corona memiliki efek yang sangat melemahkan ekonomi. Dia khawatir dampak itu akan bertahan lama.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement