Kamis 17 Jun 2021 20:27 WIB

Fakta-fakta Menarik Seputar Pertemuan Biden-Putin

Mulai dari cara berjabat tangan hingga perbedaan cara media menyebut Biden dan Putin

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Presiden AS Joe Biden, kanan dan Presiden Rusia Vladimir Putin, berjabat tangan, sebelum KTT AS-Rusia, di Jenewa, Swiss, Rabu, 16 Juni 2021.
Foto:

Media

Di sebelah villa tempat pertemuan berlangsung terdapat sebidang tanah kecil yang digunakan untuk mengambil foto dan video. Media berdesak-desakan dan saling dorong sehingga membuat petugas keamanan cukup gelisah. Wartawan Politico Anita Kumar mengatakan pertemuan itu sebagai 'kegiatan kepresidenan yang paling kacau' yang pernah ia lihat selama sembilan tahun terakhir.

Lembar Petunjuk

Ketika Biden dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken bertemu dengan Putin dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, terlihat Biden membawa setumpuk kertas. Beberapa kali ia terlihat membaca lembaran catatan tersebut.

Isi dari catatan tersebut tidak diketahui tapi sejumlah orang yang melihat pertemuan itu berspekulasi catatan itu merugikan Biden. Sebab catatan menunjukkan ia tidak dapat mengingat sehingga memerlukan lembar petunjuk.

Pertemuan Berlangsung Sebentar

Panitia pertemuan menyiapkan waktu lima jam untuk dua pertemuan yang terpisah untuk Putin dan Biden serta bawahan mereka agar kedua belah pihak dapat dengan bebas membahas berbagai topik. Namun pertemuan itu berakhir dua jam lebih awal.

Biden Gelar Konferensi Pers

Kedua kepala negara itu sepakat untuk tidak menggelar konferensi pers bersama. Akan tetapi Biden memiliki waktu dua jam setelah pertemuan berakhir sehingga ia menggelar konferensi pers usai Putin. Ia pun dapat merespons pernyataan yang disampaikan Putin.

Akses Pers

Walaupun konferensi pers Biden dan Putin digelar di waktu yang terpisah, tapi pers tidak memiliki akses yang sama untuk kedua kepala negara. Sejumlah media Barat seperti BBC dan CNN diizinkan mengikuti konferensi pers Putin tapi tidak ada media Rusia yang mendapatkan akses ke konferensi pers Biden.

‘Him’

Wartawan-wartawan media Barat merujuk Biden dan Putin dengan cara yang berbeda. Mereka biasanya merujuk Biden sebagai Presiden Biden atau Joe Biden tapi hanya menggunakan kata ganti orang ketiga 'him' saat merujuk Putin.

Tidak Ada Makan Malam

Tidak ada jadwal makan malam baik sebelum maupun sesudah pertemuan ini. Kedua kepala negara hanya tiba, foto bersama, bertemu, menggelar konferensi pers lalu pulang.

sumber : Sputnik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement