Selasa 06 Jul 2021 17:46 WIB

Polisi Siapkan Titik Check Point di Rest Area KM 429

Di rest area km 429 telah disiapkan fasilitas pendukung pelaksanaan PPKM Darurat

Rep: bowo pribadi/ Red: Hiru Muhammad
Suasana Rest Area KM 429 A ruas Tol Trans Jawa Segmen Semarang- Solo, di Ungaran, Kabupaten Semarang tampak lengang, Senin (25/5). Pengelola Rest Area ini menyebut pengunjung rest area pada Lebaran di masa pandemi ini turun hingga 90 persen.
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Suasana Rest Area KM 429 A ruas Tol Trans Jawa Segmen Semarang- Solo, di Ungaran, Kabupaten Semarang tampak lengang, Senin (25/5). Pengelola Rest Area ini menyebut pengunjung rest area pada Lebaran di masa pandemi ini turun hingga 90 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN--Pengawasan terhadap pelaksanaan PPKM Darurat oleh petugas gabungan di Kabupaten Semarang, tidak hanya diakukan di berbagai tempat/ area publik yang selama ini juga menjadi pusat aktivitas warga.

Area publik yang berada di dalam kawasan khusus seperti rest area jalan tol, tak luput dari perhatian serta pengawasan petugas dalam upaya mengoptimalkan pelaksanaan PPKM Darurat di daerah tersebut.

Kasatlantas Polres Semarang, AKP Rendi Johan Prasetyo yang dikonfirmasi mengungkapkan, memang ada cara bertindak khusus guna mengurangi berbagai aktivitas warga selama pelaksanaan PPKM Darurat.

Seperti penutupan dan penyekatan yang dilakukan oleh petugas kepolisian guna menekan berbagai aktivitas masyarakat, di sejumlah tempat yang selama ini disinyalir menjadi pusat keramaian warga.

“Termasuk juga di dalam kawasa rest area KM 429 A ruas Tol Semarang- Solo, yang kebetulan juga berlokasi di wilayah Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang,” ungkapnya, di Ungaran, Selasa (6/7).

Menurut Rendi, di rest area KM 429, Polres Semarang menempatkan titik check point, guna memantau pelaksanaan PPKM Darurat oleh masyarakat, khususnya para pengguna jalan tol di wlayah Kabupaten Semarang. Sasarannya adalah melakukan pengawasan terhadap masyarakat yang beraktivitas dari berbagai kota besar dan masuk ke wilayah Kabupaten Semarang, melalui ruas jalan tol rus Semarang- Solo tersebut.

Di pos check point Rest Area 429 A juga telah disiapkan sejumlah fasilitas pendukung pengawasan dalam rangka pelaksanaan PPKM Darurat, seperti pemeriksaan surat- surat kesehatan.

Termasuk juga menyiapkan sejumlah fasilitas skrining awal Covid-19, seperti pemeriksaan rapid tes antigen maupun swab PCR bagi pengguna jalan dari luar Kabupaten Semarang yang masuk ke kawasan rest area yang langsung bisa dimintakan hasilnya.

Dengan adanya pemeriksaan dokumen kesehatan serta upaya skrining tersebut, diharapkan masyarakat pun tidak bepergian. “Sehingga dapat mendukung berbagai upaya pembatasan kegiatan masyarakat selama PPKM Darurat,” lanjutnya.

Selama pelaksanaan PPKM darurat, masih ungkap Rendi, petugas check point yang ada di rest area 429 A juga aktif melaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi PPKM darurat dan pentingnya protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di lingkungan rest area.“Baik melalui edukasi secara langsung kepada para pengunjung maupun para penyedia fasilitas di lingkungan rest area, maupun dalam bentuk imbauan yang disiarkan serta disebarluaskan melalui fasilitas penyebarluasan informasi yang sudah disiapkan oleh pengelola rest area,” tambahnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement