Kamis 08 Jul 2021 14:35 WIB

Israel Hancurkan Rumah Palestina di Desa Al-Araqeeb 109 Kali

Rumah suku Arab Badui di Al-Araqeeb dihuni oleh 22 keluarga Palestina

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
 Anak laki-laki Badui Palestina bermain dengan bendera Palestina, ilustrasi
Foto: AP/Maya Alleruzzo
Anak laki-laki Badui Palestina bermain dengan bendera Palestina, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Otoritas Israel telah menghancurkan bangunan penduduk desa Arab Badui Al-Araqeeb di wilayah selatan Nagev untuk ke-190 kalinya. Itu merupakan kali kedelapan desa tersebut diratakan pada 2021.

“Pihak berwenang Israel menghancurkan desa Al-Araqeeb untuk yang ke 190 kalinya,” ujar anggota Komite Pertahanan Al-Araqeeb, Aziz Al-Touri, dilansir Anadolu Agency, Kamis (8/7).

Baca Juga

Rumah suku Arab Badui di Al-Araqeeb dihuni oleh 22 keluarga Palestina. Rumah tersebut dibangun dari kayu, plastik, dan besi bergelombang. Al-Touri menegaskan bahwa penduduk desa berniat untuk membangun kembali tempat tinggal dan bangunan mereka yang hancur.

Sebuah LSM yang berbasis di Tel Aviv, Zochrot, mengatakan, desa Al-Araqeeb pertama kali dibangun selama periode Ottoman dan tanahnya dibeli oleh penduduk. Desa itu pertama kali diratakan pada Juli 2010. Setiap kali penduduk Al-Araqeeb membangun kembali tenda dan rumah kecil mereka, pasukan pendudukan Israel kembali menghancurkan bangunan tersebut. Kadang Israel meratakan bangunan penduduk Al-Araqeeb beberapa kali dalam sebulan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement