Jumat 09 Jul 2021 10:05 WIB

Laporan: Taliban Rebut Kendali Perbatasan dengan Iran

Taliban mencoba menguasai daerah-daerah perbatasan Afghanistan dengan lima negara.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Pasukan taliban di Afghanistan
Foto: VOA
Pasukan taliban di Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL --  Taliban merebut kendali sebuah distrik utama di Afghanistan barat yang mencakup perbatasan utama dengan Iran, Kamis (8/7). Dalam sepekan terakhir, Taliban telah menyerbu daerah yang berbatasan dengan lima negara, Iran, Tajikistan, Turkmenistan, China, dan Pakistan.

Pertempuran sengit antara milisi Taliban dan pasukan Pemerintah Afghanistan juga berlangsung di Provinsi Balkh utara yang berbatasan dengan Uzbekistan.

Baca Juga

Sebanyak dua pejabat keamanan senior mengatakan perbatasan Islam Qala dengan Iran, yang terletak di provinsi Herat, telah jatuh ke tangan Taliban.

Petugas keamanan dan bea cukai Afghanistan telah melarikan diri melintasi perbatasan. Laporan Al Alalam TV,  tentara Afghanistan telah memasuki wilayah Iran melalui penyeberangan perbatasan untuk melarikan diri dari Taliban.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Tariq Arian, membantah laporan tersebut dan mengatakan penyeberangan perbatasan masih di bawah kendali pasukan pemerintah. Namun, pejabat keamanan lainnya mengatakan pasukan Taliban telah merebut lima distrik di Herat tanpa perlawanan.

Awal pekan ini, lebih dari 1.000 personel keamanan Afghanistan melarikan diri ke Tajikistan saat Taliban merebut sebagian besar provinsi utara Badakhshan. Wilayah ini juga berbatasan dengan China dan Pakistan.

Kementerian Pertahanan mengatakan, pasukan Pemerintah Afghanistan sebelumnya melaporkan telah merebut kembali kendali Qala-e-Naw, ibu kota provinsi barat Badghis. Wilayah ini telah diserbu Taliban pada Rabu (7/7).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement